Gubernur Khofifah Apresiasi Gerakan Solidaritas Sosial di Jember

Gubernur Khofifah Apresiasi Gerakan Solidaritas Sosial di Jember Gubernur Khofifah saat didampingi Bupati Jember, Hendy Siswanto.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, memberikan apresiasi kepada gerakan solidaritas sosial . Menurut dia, hal tersebut bisa menjadi gerakan pemupuk kesalehan sosial.

Ia mengajak generasi muda untuk terus memupuk kesalehan sosial dengan membangun rasa solidaritas dan kepedulian terhadap sesama sambil melakukan sedekah dan berbagi, seperti tenaga, pikiran, serta amal saleh lainnya.

Khofifah berujar, beberapa format solidaritas sosial tumbuh dari para filantropi. Namun, format solidaritas sosial ala sedulur pati justru berasal dari sedekah bersama, karena sudah 11 tahun belakangan rutin memberi santunan pada anak yatim dan sedekah bagi orang yang kurang mampu.

“Solidaritas sosial yang terbangun oleh anak-anak muda ini sungguh luar biasa. Mudah-mudahan ini akan tumbuh menjadi bagian dari kesalehan sosial di antara seluruh masyarakat tidak hanya Jember tapi juga Jatim, bahkan nasional,” ujarnya saat menghadiri giat Santunan Anak Yatim se-Jatim yang diselenggarakan oleh , Selasa (5/4/2022).

Menurut dia, menumbuhkan kesalehan sosial ini bisa dilakukan mulai dari kegiatan sehari-hari. Bahkan, kesalehan sosial bisa ditumbuhkembangkan melalui inisiasi dari berbagai pihak secara bersama.

Dengan demikian, sedekah secara kolektif bisa menjadi salah satu cara membangun kesalehan sosial terutama di kalangan anak muda. Di mana anak muda menginisiasi atau mengajak pihak lain untuk bersama-sama melakukan kepedulian terhadap sesama.

“Selama ini banyak yang mengenal sedekah rombongan. Saya pun juga membangun kolaborasi dengan sedekah rombongan. Dan apa yang dilakukan oleh Komunitas Sedulur Pati Jember yang sudah 11 tahun melakukan sedekah seperti ini akan menjadi contoh bagi kita bersama,” kata Khofifah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO