Bupati Kediri Gelar Pengobatan Gratis

Bupati Kediri Gelar Pengobatan Gratis Bupati Kediri Haryanti Sutrisno saat memberikan bantuan jamban secara simbolis kepada warga. (foto: Humas Pemkab Kediri)

KEDIRI (BANGSAONLINE.com) - Peningkatan derajat kesehatan masyarakat menjadi fokus perhatian Pemerintah Kabupaten Kediri. Aksi bakti sosial pelayanan Kesehatan gratis untuk masyarakat lereng wilis dengan melibatkan puluhan dokter yang melakukan pelayanan kesehatan mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat.

Aksi kemanusian yang dilakukan para dokter dengan melakukan pengobatan gratis kepada masyarakat kurang mampu di gelar dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke 1211 tahun 2015 yang dipusatkan di Dusun Lemahjungkur Desa Keniten Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri, Selasa (7/4).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dr. Adi Laksono,MMR,S mengatakan para dokter dan petugas Kesehatan ini selain melakukan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat juga melakukan sosialisasi kesehatan khususnya kepada ibu hamil, untuk menekan angka kematian ibu dan anak. Serta masalah gizi bagi anak balita agar dapat tumbuh sehat dengan asupan gizi yang memadai.

dr. Adi menjelaskan bahwa lahirnya balita-balita yang sehat di Kabupaten Kediri nantinya akan menunjang lahir generasi yang sehat dan cerdas untuk menjadi penerus yang membawa masyarakat Kabupaten Kediri menjadi maju dan makmur serta mampu melanjudkan pembangunan dalam mewujudkan harapan masyarakat.

Dr Adi menambahkan bakti sosial ini merupakan tindakan preventif dan promotif, dalam menggugah dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencintai kesehatannya agar tidak sakit melalui tindakan pencegahan dan sosialisasi mengenai perilaku hidup bersih dan sehat.

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno mengatakan bantuan Jamban ini, upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengubah kebiasaan buang air besar sembarangan dan menghimbau kepada masyarakat Dusun Lemah Jungkur Desa Keniten Kecamatan Mojo supaya tidak buang air besar di sungai.

“Hal ini supaya masyarakat terhindar dari berbagai macam penyakit dan juga menjaga kebersihan lingkungan. Karena jika lingkungan kita bersih, kita akan merasa nyaman untuk tinggal,” ungkap dr. Hj. Haryanti Sutrisno.

Disela–sela kunjungannya, dr. Hj. Haryanti Sutrisno mengingatkan masyarakat supaya menanam tanaman untuk penghijauan.

“Dikarenakan saat ini masih dalam musim penghujan, saya ingatkan untuk menanam pohon untuk pengijauan. Supaya mencegah terjadinya bencana alam tanah longsor seperti di Desa Blimbing beberapa waktu lalu,” imbuhnya.

Saroh, salah satu masyarakat Dusun Lemah Jungkur yang datang merasa senang dan bersyukur dengan adanya pengobatan gratis ini. “Alhamdulillah, senang sekali. Pelayanannya bagus, obatnya juga lengkap dan semuanya gratis, tanpa dipungut biaya.” Jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO