Plt Bupati Lumajang Resmikan Klinik NU, Siap Bantu Satu Ambulans

Plt Bupati Lumajang Resmikan Klinik NU, Siap Bantu Satu Ambulans Wakil Gubernur Jatim Drs Saifullah Yusuf MM dan Wakil Bupati Lumajang Drs As'at Malik MAg menandatangani prasasti. foto: Imron/BangsaOnline.com

LUMAJANG (BangsaOnline) - Gubernur Jawa Timur Drs Saifullah Yusuf MM bersama Wakil Bupati Lumajang Drs As'at Malik MAg resmi membuka Klinik kesehatan Nadlatu Ulama (NU) di kantor Pengurus Cabang NU, Jl Musi, Desa Sumberejo, Kecamatan Sukodono, Kamis (19/03).

Saat grand opening tersebut dihadiri ulama di Lumajang, ketua Muslimat dan Fatayat, Anggota DPRD Jawa Timur Thoriqul Haq, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, serta ratusan kader NU di Lumajang.

Dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur jatim dan Wakil Bupati Lumajang menandatangani prasasti peresmian klinik kesehatan NU.

Gus Ipul memberikan apresiasi sangat besar dengan berdirinya klinik atas inisiatif PCNU Kabupaten Lumajang. Harapannya, dengan berdirinya klinik kesehatan NU ini, mampu membantu masyarakat Kabupaten Lumajang pada umumnya, dan khususnya warga Nadlatul Ulama. "Nadlatul Ulama sudah memikirkan bidang kesehatan dengan dibuktikan berdirinya Klinik kesehatan NU ini," ucapnya.

Wakil Bupati Lumajang Drs As'at Malik MAg dalam sambutannya, juga mengapresiasi berdirinya klinik. Pasalnya, dengan berdirinya klinik tersebut warga Lumajang merasa terbantu dalam segi kesehatan. "Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk tahun 2016 akan membantu satu ambulans untuk Klinik ini. Saya berjanji," ungkapnya.

Dimana, ambulans masih tahap pengajuan di tahun anggaran 2016. "Ini merupakan semangat kami berdua, kami akan lanjutkan," imbuhnya.

Dikatakan, pemerintah sebelumnya telah meresmikan sebanyak empat Pos Kesehatan Pondok Pesantren (Poskestren). Di mana, Empat pos kesehatan itu, ditempatkan di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Maliki, Ponpes Darun Najah, Ponpes Ulul Albab, dan Ponpes Barokatul Muhib.

Ketua Pengurus Cabang Nadlatul Ulama Drs Samsul Huda MAg mengatakan, Klinik Kesehatan NU baru bisa beroperasi penuh mulai tanggal 1 April 2015. Hal ini dikarenakan, masih perlu persiapan. namun, untuk standarisasi sebagai klinik, sangat memenuhi standart.

"Sambil menunggu waktu, kita juga mempersiapkan teknis, rawat inap, rawat jalan. Sedangkan, untuk petugas medis sementara dibantu dari Rumah Sakit Umum dr Haryoto dan Puskesmas Kecamatan Sukodono, semuanya sudah lengkap termasuk dokter yang bertugas di klinik kesehatan," terangnya. "Di mana, perawat ada 15 orang, bidan 7 orang, dokter umum dan spesialis ada 3," tambah dia.

"Klinik ini adalah satu rintisan berdirinya Rumah Sakit NU di Lumajang," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO