Tangani ODGJ di Kota Kediri, Pemkot Bangun Posyandu Jiwa di 6 Puskesmas

Tangani ODGJ di Kota Kediri, Pemkot Bangun Posyandu Jiwa di 6 Puskesmas Petugas kesehatan saat mengecek tekanan darah seorang ODGJ. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) membutuhkan perhatian khusus. Upaya itu telah diwujudkan Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri dengan membentuk Posyandu Jiwa di 6 puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri dr Fauzan menjelaskan bahwa Kota Kediri memiliki 6 Posyandu Jiwa yang ada di Puskemas Campurejo, Puskemas Mrican, Puskesmas Balowerti, Puskesmas Pesantren 2, Puskesmas Kota wilayah utara dan Puskesmas Kota wilayah selatan.

"Rencananya akan ada penambahan 1 yang akan dikelola oleh Puskesmas Pesantren 1," ujar dr. Fauzan, Jumat (25/6).

Sementara itu, Niko Windianto Pradoto, Penanggung Jawab Program Jiwa Puskesmas Mrican menjelaskan bahwa ini ditujukan untuk orang dengan ganguan jiwa, baik yang sudah mendapatkan pengobatan atau belum.

"Posyandu jiwa diadakan setiap 2 bulan sekali untuk memantau perkembangan ODGJ yang ada di wilayah kerja Puskesmas Mrican," ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, puskesmas wilayah utara baru ada di Kelurahan Ngampel saja, namun jika ada warga wilayah lain ingin datang juga diperbolehkan.

Menurut Niko, selama masa pandemi tetap rutin diselenggarakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO