Survei PKB-ARSC: Elektabilitas PD Masuk Tiga Besar, Prabowo - Mega - AHY Ketum Layak Capres

Survei PKB-ARSC: Elektabilitas PD Masuk Tiga Besar, Prabowo - Mega - AHY Ketum Layak Capres Hasil survei yang dilaksanakan Perkumpulan Kader Bangsa bekerja sama dengan Akar Rumput Strategic Consulting. Survei nasional yang itu dilakukan akhir April - awal Mei 2021. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Perkumpulan Kader Bangsa (PKB) bekerja sama dengan Akar Rumput Strategic Consulting merilis survei nasional yang dilakukan akhir April - awal Mei 2021. Dalam survei ini, Partai (PD) masuk dalam tiga besar partai politik dengan elektabilitas tertinggi, dengan proyeksi elektabilitas 14,8%, sedikit di bawah Partai Gerindra (15,03%) dan PDI-P (19,6%).

Elektabilitas Ketum PD juga masuk dalam enam besar. Bahkan jika dibandingkan dengan ketua umum partai politik lain, berada pada urutan ketiga dengan elektabilitas 8,89%.

Survei ini dilakukan terhadap 1.200 responden di 34 provinsi dengan metode stratified random sampling, menggunakan teknik wawancara telepon. Sebanyak 54,8% responden berada pada rentang usia 21-30 tahun, dan sebagian besar pelajar/mahasiswa (33%), karyawan swasta (28%), serta pengusaha atau wirausaha (17%).

"Naiknya pamor Partai di survei tidak lepas dari ramainya pemberitaan terkait dinamika internal Partai , khususnya isu Kongres Luar Biasa yang meramaikan perbincangan di publik," kata Bagus Balghi, peneliti Akar Rumput Strategic Consulting dalam paparan yang dilakukan secara online, Minggu (23/5/2021).

"Hasil ini konsisten dengan tiga survei sebelumnya oleh Indikator Politik, Balitbang Kompas, dan LP3ES," tegas Tomi Satryatomo, Kabalitbang DPP Partai .

Menurutnya, secara obyektif ini menunjukkan PD di bawah kepemimpinan Ketum yang baru setahun, berhasil melakukan konsolidasi internal sekaligus mulai mengambil hati dan pikiran publik.

Lihat juga video 'Sejumlah Pemuda di Pasuruan Dukung Muhaimin Maju Calon Presiden 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO