Impor BBM Kita Satu Tahun Rp 300 Triliun, Baterai Bakal Jadi Penentu, Nasib PLN?

Impor BBM Kita Satu Tahun Rp 300 Triliun, Baterai Bakal Jadi Penentu, Nasib PLN? Dahlan Iskan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com Gila! Impor BBM kita satu tahun diperkirakan akan mencapai 500 triliun. Itu disampaikan Dr Zainal Arifin, Vice Presiden bidang engineering dan technology.

Nah, Dahlan Iskan, wartawan visioner, kali ini membahas tentang prospek yang akan menjadi penentu energi ke depan.

Tapi benarkah ibu-ibu yang akan menghentikan impor BBM? Silakan simak tulisan wartawan kondang itu di Disway, HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com, Jumat 21 Mei 2021. Selamat membaca:

SEPULUH tahun itu tidak lama –kalau kita saja sudah lupa siapa menteri energi 10 tahun lalu. Tapi ternyata sudah melakukan kajian untuk 10 tahun ke depan. Hasilnya: 10 tahun lagi rumah-rumah penduduk sudah fisibel untuk memiliki listrik independen sendiri.

Itu pula yang mulai terjadi di California. "Sampai-sampai pembangkit listrik besar milik GE di sana harus ditutup," ujar Dr Zainal Arifin, Vice Presiden bidang engineering dan technology. "Padahal pembangkit itu baru berumur 5 tahun," ujar Zainal di forum seminar Zoom oleh Himpunan Ahli Pembangkit Listrik (Hakit) kemarin. "GE sampai rugi USD 1 miliar. Itu gara-gara pembangkit yang mestinya bisa dipakai 25 tahun hanya dipakai 5 tahun," tambah Zainal.

Padahal, kata Zainal, pembangkit yang ditutup itu berbahan bakar gas. Di Amerika harga gas itu murah. Itu saja sekarang sudah kalah murah dengan tenaga surya.

Zainal Arifin lulusan teknik mesin ITS. Lalu mengambil S2 di St Louis, Missouri, Amerika Serikat. Saat saya menjadi dirut , Zainal masih di St Louis. Pulang ke Indonesia ia mengambil S3 strategic management di Universitas Indonesia.

Ia orang Kraksaan, Probolinggo. Ayahnya orang dari pondok Nurul Jadid, dekat Paiton, Kraksaan. Nama Zainal diambil dari nama kiai pendiri Nurul Jadid.

Di Indonesia, menurut penelitian Zainal, harga listrik dari solar cell sebenarnya hanya Rp 1.100/kWh. "Itu sudah lebih murah dari tarif listrik yang Rp 1.400/kWh," ujar Zainal.

Hanya saja tenaga surya itu hanya bisa dipakai siang hari. Padahal rumah tangga perlu juga listrik di malam hari. Intinya adalah . Untuk menyimpan tenaga matahari di siang hari. Agar bisa dipakai malam hari.

Sekarang harga itu masih mahal. Tapi akan terus turun. Pada saatnya nanti semua rumah tangga akan mampu membeli itu. Itulah saatnya rumah tangga tidak perlu lagi aliran listrik dari .

Syukurlah sudah memikirkan masa depannya sejauh itu. Tinggal kapan murah itu akan terjadi. Lalu bagaimana nasib setelah 10 tahun yang akan datang.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO