Sabtu, 19 Juni 2021 19:05

​DPRD Jatim Dorong Gubernur Beri Penghargaan kepada Korban KRI Naggala-402

Selasa, 27 April 2021 20:08 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​DPRD Jatim Dorong Gubernur Beri Penghargaan kepada Korban KRI Naggala-402
Anik Maslachah, S.Pd., M.Si., Wakil Ketua DPRD Jawa Timur. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Indonesia berduka dengan tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala-402 di perairan Bali. Tak terkecuali Jawa Timur. Terlebih mayoritas dari 53 kru Nanggala-402 yang gugur adalah warga Jawa Timur. Karena itu, DPRD Jatim mendorong Gubernur Khofifah Indar Parawansa memberikan penghargaan khusus kepada korban Nanggala-402 yang sebagian besar warga Jawa Timur.

Wakil Ketua DPRD Jatim, Anik Maslachah mengatakan, Pemerintah RI lewat Presiden Joko Widodo telah memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat kepada para prajurit yang gugur tersebut. "Ada baiknya, Pemprov Jatim juga memberikan penghargaan khusus," katanya.

Penghargaan itu sebagai penghormatan dari pemerintah provinsi kepada warganya yang gugur dalam tugas negara. Semangat patriotisme para kru Nanggala itu bisa menginspirasi generasi muda Jawa Timur untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara.

"Penghargaan itu akan memberikan kebanggaan kepada anak, istri, dan keluarga korban. Penghargaan ini memang tidak bisa menghapus duka keluarga, tapi ini bentuk penghormatan pemerintah provinsi kepada warganya yang berjasa pada negara," tutur Anik, Selasa (27/4/2021).

BACA JUGA : 

Kadin dan Dewan Jatim Kompak Tolak PPN Sembako

Sekretariat DPRD Bali Studi Banding ke DPRD Jatim

Bersama Kiai Makki Nasir, Anggota DPRD Jatim Dapil Madura Edukasi Warga Bangkalan Patuhi Prokes

​Dewan Tolak Usulan Penutupan Dua Pabrik Gula di Jatim

Anik selaku pimpinan DPRD Jatim juga mengapresiasi para kepala daerah di Jawa Timur yang memberi perhatian khusus dan empati kepada korban serta keluarga korban Nanggala-402. Para kepala daerah itu sangat responsif terhadap musibah tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala-402.

Anik mencontohkan surat imbauan yang dikeluarkan Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali agar warga Sidoarjo mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang. Menurutnya, hal itu sangat positif sebagai bentuk penghormatan terakhir, sekaligus belasungkawa pada pahlawan bangsa yang gugur di saat melaksanakan tugas.

"Pengibaran bendera Merah Putih setengah tiang ini adalah bentuk nyata penghormatan kepada kru Naggala-402 yang gugur dalam tugas. Mereka adalah pahlawan bangsa yang layak mendapat penghormatan," ujar perempuan asli Sidoarjo tersebut.

Penasihat Fraksi PKB DPRD Jatim ini juga melihat sendiri para kepala daerah di Jatim, baik gubernur, bupati maupun wali kota berkunjung langsung (takziah) kepada keluarga yang almarhum. Ini bukti kepekaan mereka sebagai pemimpin terhadap kondisi masyarakat.

Pihaknya berharap agar kehadiran para kepala daerah itu diikuti program-program yang bisa membantu meringankan keluarga korban yang ditinggalkan. Di antaranya beasiswa pendidikan untuk anak-anak almarhum maupun pembebasan pajak atau retribusi sesuai kebijakan daerah masing-masing.

"Teriring doa pula, semoga semua para korban adalah syahid. Mereka meninggal dalam tugas negara di bulan Ramadan yang suci," pungkas Anik. (mdr/ian)

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...