Dari Tukang Demo, Ngamen, Doding Kini Menjadi Wakil Ketua DPRD Trenggalek

Dari Tukang Demo, Ngamen, Doding Kini Menjadi Wakil Ketua DPRD Trenggalek Doding Rachmadi, S.T. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Perjalanan hidup , S.T., Wakil Ketua DPRD Trenggalek, layak dijadikan inspirasi bagi generasi muda saat ini. Sebelum sukses seperti sekarang ini, ia pernah mengalami pahitnya hidup, bahkan pernah mengamen.

Hal itu dirasakan Doding kalah masih menjadi mahasiswa Fakultas Teknik Industri di Universitas Kadiri (Unik) Kediri sekitar tahun 2001. Ia harus mengamen demi bisa makan. Sedangkan untuk biaya kuliah ditanggung orang tuanya.

"Ya terpaksa saya dan teman saya ngamen di terminal bus, ngamen di atas bus juga pernah," kenangnya sembari tertawa mengenang masa lalunya, Sabtu (6/3).

Semasa kuliah, Doding aktif di organisasi intra kampus dan ekstra kampus, yakni GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia). Bahkan ia pernah menjadi Presiden Mahasiswa.

"Di kampus itu kan ada ruangan untuk BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), nah di sana itu saya tinggal. Jadi sehari-hari ya kumpul dengan teman-teman mahasiswa dan berdiskusi," ujar Doding saat menceritakan kesehariannya saat menjadi mahasiswa.

Begitu lulus, Doding ke Kabupaten Trenggalek untuk membentuk LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) dengan nama Komunitas Studi Transparansi Anggaran. Selama aktif di LSM, Doding bersama rekan sejawatnya kerap menggelar unjuk rasa. Isu utama yang disuarakan adalah transparansi pemerintah. 

Seperti yang dilakukan pada tahun 2008, ia menggelar demonstrasi menuntut transparansi perekrutan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di gedung DPRD Trenggalek.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO