Selasa, 15 Juni 2021 21:12

​Dr Jalaluddin Rakhmat Wafat, dari Keluarga NU, Jadi Tokoh Muhammadiyah, Lalu Pemimpin Syiah

Senin, 15 Februari 2021 20:54 WIB
Editor: MMA
​Dr Jalaluddin Rakhmat Wafat, dari Keluarga NU, Jadi Tokoh Muhammadiyah, Lalu Pemimpin Syiah
Dr Jalaluddin Rakhmat. Foto: bbc

BANDUNG, BANGSAONLINE.com – Cendekiawan muslim Prof. Dr. Jalaluddin Rakhmat wafat di Rumah Sakit Santosa Bandung, Senin (15/2/2021). Kang Jalal – panggilan akrab pakar komunikasi itu - wafat dalam usia 72 tahun. Sebelumnya, empat hari yang lalu, 11 Februari 2021, istrinya juga wafat.

Sebagai akademisi dan intelektual, Kang Jalal sangat produktif. Ia banyak menulis buku tentang ilmu komunikasi dan Islam. Salah satu buku popular karya Kang Jalal adalah Psikologi Komunikasi. Buku ini menjadi mata kuliah di semua fakultas komunikasi perguruan tinggi Indonesia. Karena itu buku yang ditulis pada 1965 sepulang dari Iowa University Amerika Serikat (AS) itu mengalami cetak ulang berkali-kali.

Kang Jalal juga banyak menulis tentang agama Islam, terutama di media massa. Kumpulan tulisannya, di antaranya dibukukan dalam “Islam Aktual, Refleksi Sosial Seorang Cendekiawan Muslim”.

Yang menarik, Kang Jalal lahir dari keluarga NU. Tapi saat kuliah di Fakultas Publisistik Unversitas Padjadjaran Bandung, ia mengikuti pengkaderan di Muhammadiyah. Ia pun menjadi aktivis dan pengurus Muhammadiyah Kota Bandung, di samping dosen di Unpad.

BACA JUGA : 

Sempat Ada yang Minta Tolong Dipilih, Ternyata Konvensi Capres NU 2024 Hoaks

Duet KH. Hasyim Affandi - KH. Ali Mustofa Said Pimpin PCNU Nganjuk

Kutuk Serangan Israel di Masjid Al-Aqsa, NU Jatim Instruksikan Nahdliyin Baca Qunut Nazilah

Heboh Putri AM Fatwa Bakal Bersuami Bule Kristen, Warganet Salfok Foto

Saat menjadi aktivis Muhammadiyah itulah Kang Jalal dikenal sangat militan. Ia mengaku banyak sekali me-muhammadiyah-kan masjid NU.

Namun ia kemudian mengaku hanya menjadi pejuang Muhammadiyah, bukan pejuang Islam. Ia lalu tertarik pada ilmu tasawuf. Ia juga banyak mengkaji pemikiran cendekiawan Syiah. Terutama pemikiran Murthadha Mutthahari, cendekiawan Iran. Saking fanatiknya, ia bahkan mendirikan yayasan yang diberi nama Yayasan Muthahari di Jalan Kampus II Babakansari Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung.

Dalam perkembangannya, Kang Jalal menjadi tokoh Syiah di Indonesia. Pada tahun 2000 ia mendirikan Ikatan Jemaah Ahlul Bait Indonesia (IJABI).

Setelah tak mengajar di Unpad, Kang Jalal aktif dalam politik. Obsesi Kang Jalal memperjuangkan Syiah di Indonesia. Ia menjadi caleg dari PDIP. Ia terpilih sebagai anggota DPR RI. Ia pun menjadi anggota Komisi VIII DPR RI yang membidangi agama dan sosial. Ia berjuang dan membela hak-hak penganut agama minoritas di Indonesia. (mma) 

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipanggil pr...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...