Kamis, 17 Juni 2021 13:29

​Santy Meilansari Masuk Islam, Merasa Dapat Hidayah

Jumat, 15 Januari 2021 19:03 WIB
Editor: MMA
​Santy Meilansari Masuk Islam, Merasa Dapat Hidayah
Santy Meilansari menerima cinderamata dari Dr. KH. M. Sujak usai ikrar dua kalimat syahadat di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya usai salat Jumat (15/1/2021). foto: mma/ BANGSAONLINE.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Santy Meilansari, perempuan berusia 40 tahun masuk Islam di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya usai salat Jumat (15/1/2021). Diantar dua kerabatnya, perempuan yang semula beragama Kristen itu mengikrarkan dua kalimat syahadat setelah mendapat hidayah.

Ia mengaku ada perasaan lain di hatinya dalam beberapa bulan terakhir itu. Ia sangat tertarik terhadap agama Islam, meski kedua orang tuanya beragama Kristen.

Hal itu disampaikan Santy Meilansari kepada Dr. KH. M. Sujak, Kepala Badan Pengelola Masjid Al-Akbar yang menuntun proses ikrar kalimat syahadat. “Pokoknya ada perasaan lain di hati saya,” kata Santy Meilansari kepada Kiai M. Sujak dan jamaah salat Jumat Masjid Al-Akbar yang belum pulang.

BACA JUGA : 

Gus Ipul: Pengabdian dan Dedikasi Banser Luar Biasa pada Ulama dan NKRI

Dua Cewek Milenial Masuk Islam, Prof Dr Zahro Ingatkan Syirik Dosa Paling Besar

Berkah Ramadan, Dua Penganut Kristen Masuk Islam, Belajar Gerakan Salat

​Dua Muallaf: Agus Murtad Karena Istri, Ronald Masuk Islam setelah Pelajari Banyak Agama

(Santy Meilansari. foto: mma/ bangsaonline.com)

Santy bahkan selama ini mengaku sudah salat lima waktu, meski proses ikrar dua kalimat syahadat belum dilakukan secara resmi. Perempuan kelahiran Surabaya, 08 Mei 1981 itu bahkan mengaku sudah bisa baca dua kalimat syahadat, meski belum lancar.

Kiai Sujak kemudian menuntun perempuan berjilbab itu membaca dua kalimat syahadat. Asyhadualla ilaha illallah waasyhaduanna muhammadarrasulullah.. “Diulang lagi, “ pinta Kiai Sujak sembari menuntun pembacaan dua kalimat syahadat, kalimat demi kalimat.

(Santy Meilansari dan salah satu kerabatnya. foto: mma/bangsaonline.com)

Agar mantap, Kiai Sujak pun menuntun ucapan syahadat Santy Meilansari sampai tiga kali. Setelah tiga kali baru Kiai Sujak menuntun artinya: “Saya bersaksi bahwa tiada tuhan yang wajib disembah selain Allah. Dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah,” ucap Kiai Sujak yang diikuti Santy Meilansari.

“Ikrar syahadat sampean ini tidak hanya disaksikan manusia, tapi juga disaksikan langsung oleh Allah SWT,” kata Kiai Sujak kepada Santy Meinlansari. Karena itu ia minta Santy Meilansari serius dan tidak main-main dalam memeluk agama Islam. Santy Meilansari langsung mengangguk mengiyakan.

Usai proses pengikraran dua kalimat syahadat, Kiai Sujak langsung memimpn doa dan memberi cinderamata. 

Seperti diberitakan BANGSAONLINE.com, Masjid Nasional Al-Akbar selama ini menjadi salah satu tempat ibadah yang paling banyak melayani proses masuk Islam para muallaf dari berbagai daerah. 

Bahkan mengawali Tahun Baru 2021, masjid yang diresmikan Presiden KH Abdurrahman Wahid pada 10 November 2000 itu memfasilitasi tiga muda-mudi milenial masuk Islam.

Para muallaf itu adalah Ike Handayani Syafuldi (36 tahun), Rexy Jaya Sutanto (24 tahun), dan Adik Joko Subagiyo (30 tahun). Semula tiga anak muda (satu cewek dan dua cowok) itu beragama Kristen. Tapi menemukan cahaya dan kebenaran dalam Islam.

Jumat sebelumnya (16/10/2020), Masjid Nasional Al-Akbar juga menerima lima milenial masuk Islam. Mereka adalah Lala Isnawati, Yunita Endah Permatasari, Ayu Puspita Adi Suyasa, Wildan Julio Armando P. P, dan satu lagi muallaf perempuan.

Bahkan seorang bule, warga Negara Australia bernama Brown Zachary, yang semula atheis juga masuk Islam di masjid yang terletak di Kelurahan Pagesangan Kecamatan Jambangan Surabaya itu. (mma) 

Soal Anggaran Menhan untuk Alutsista Rp 1.700 Triliun, Ini Komentar Kiai Asep
Kamis, 17 Juni 2021 00:22 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Heboh anggaran untuk membeli Alutsista sebesar Rp 1.700 Triliun membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus mendapat sorotan publik. Padahal, menurut Prabowo, master plan atau grand design itu permintaan ...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Kamis, 17 Juni 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Di Indonesia, terutama di Bangkalan dan Kudus, Covid-19 mengganas. Ratusan orang meninggal dunia.Tapi di belahan dunia lain Covid-19 justru lenyap. Inilah yang terjadi di California. Warganya pun berpesta. Pesta merd...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...