Selasa, 19 Januari 2021 15:27

PermataBank dan Batavia Kerja Sama Hadirkan Reksadana Syariah BGESEU

Rabu, 13 Januari 2021 15:29 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Diyah Khoirun Nisa
PermataBank dan Batavia Kerja Sama Hadirkan Reksadana Syariah BGESEU

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 membuat kehidupan di dunia menjadi berubah dan semakin membuka wawasan bagi investor atas pentingnya memperkuat portofolio mereka di masa yang tidak pasti. Semakin hari semakin banyak investor di seluruh dunia yang menginginkan investasi secara berkelanjutan dengan memperhatikan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan, namun tetap menikmati potensi imbal hasil yang menarik.

Mengawali tahun 2021, PermataBank bersama PT Batavia Prosoerindo Aset Manajemen (BPAM) bekerja sama menghadirkan produk reksadana syariah bermata uang USD dengan nama Batavia Global ESG Sharia Equity USD (BGESEU). Menggabungkan investasi konvensional dan wawasan ESG, reksadana tersebut berinvestasi pada tren dan peluang baru dengan mengedepankan isu sustainability atau berkelanjutan yang memiliki dampak finansial yang nyata.

Dengan mengintegrasikan prinsip syariah dan faktor ESG pada reksadana Batavia Global ESG Sharia Equity USD, investor mengurangi paparan ke perusahaan dan/atau industri yang dianggap membahayakan oleh pakar investasi berkelanjutan.

Direktur Retail Banking PermataBank Djumariah Tenteram mengatakan, dihadirkannya BGESEU karena perusahaan mementingkan sustainability. Sedangkan generasi millennials adalah generasi dengan skor tertinggi yang memilih perusahaan yang mementingkan sustainability.

"Keinginan untuk membawa perubahan menjadi salah satu bagian dari niat berinvetasi nasabah millennials. Mereka merasa ini adalah tanggung jawab sosial," terang Djumariah.

"Reksadana berbasis ESG sudah menjadi tren sejak 2017, namun performanya memang meningkat drastis di 2020. BGESEU menjadi salah satu produk unggulan di awal tahun karena optimis bahwa mengawali tahun masyarakat pasti ingin memulai berbenah perencanaan keuangan, mencari investasi yang cocok return-nya dan sesuai dengan hati Nurani," bebernya/

Sementara itu, Direktur Utama PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen, Lilis Setiadi mengaku sangat antusias dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya investasi berkelanjutan atau ESG. Berdasarkan BlackRock People and Money Survey yang dilakukan pada periode Nov 2019-Jan 2020 dengan lebih dari 8,000 investor di Asia, 68 persen dari investor tersebut menginginkan investasi mereka untuk memperhatikan aspek E, S, dan G.

"Kami percaya melalui investasi pada Reksadana Batavia Global ESG Sharia Equity USD, investor mempunyai kesempatan untuk mendapatkan imbal hasil yang lebih baik, portofolio yang andal, serta membuat dampak positif," paparnya.

Aktris, public figure, dan Brand Ambassador PermataBank Priority, Susan Bachtiar mengakui, reksadana adalah salah satu pilihan investasi tepat bagi masyarakat yang profilnya moderat dalam berinvestasi. Menurutnya, reksadana adalah investasi jangka panjang, bukan tipe beli lalu cairkan.

"Mendengar tentang reksadana berbasis ESG seperti sebuah kabar baik buat saya, karena sudah dari dulu saya peduli tentang isu kemanusiaan dan lingkungan. Menempatkan uang pada saham perusahaan yang telah memenuhi berbagai aspek seperti keterlibatan masyarakat, perilaku berbisnis yang wajar, dan beretika seperti bentuk tanggung jawab sosial," tandasnya.

Nasabah PermataBank dapat melakukan pembelian produk Reksadana Batavia Global ESG Sharia Equity USD mulai tanggal 27 Januari 2021. Pembelian reksadana ini juga dapat dilakukan secara mudah dan seamless melalui PermataNet dan aplikasi PermataMobile X. (diy/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...