Rabu, 27 Januari 2021 01:26

Ditanya Soal Ide Bangun Museum Reog, Cawabup Zaenal Terkesan Enggan Menjawab

Selasa, 01 Desember 2020 21:30 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Herman Subagyo
Ditanya Soal Ide Bangun Museum Reog, Cawabup Zaenal Terkesan Enggan Menjawab
Debat Pilkada Trenggalek putaran terakhir. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Calon Wakil Bupati Trenggalek, Zaenal Fanani, terkesan enggan memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh Calon Wakil Bupati Trenggalek Syah Natanegara, dalam debat putaran terakhir dengan tema "Sosial, Budaya, dan Kebangsaan". Debat itu disiarkan secara langsung oleh salah satu stasiun televisi, dua hari yang lalu.

Ketika itu memasuki segmen ke-4, moderator mempersilakan Cawabup Syah Natanegara mengajukan pertanyaan pada Cawabup Zaenal Fanani.

"Pertanyaan saya adalah, sekitar seminggu yang lalu saya membaca media online. Di situ mengatakan bahwasanya Pak Totok (Cabup Alfan Riyanto) akan membangun museum reog. Pertanyaan saya mengapa reog ini kok akan dimuseumkan," kata Syah dalam debat malam itu, Minggu (29/11).

Mendapat pertanyaan seperti itu, Cawabup Zaenal justru menilai pertanyaan yang diajukan oleh Cawabup Syah tidak relevan.

"Ini mungkin gak relevan ya, kalau sudah kami, karena memang yang menyangkut dengan pertanyaan Pak Totok. Jadi mungkin kami mengklarifikasi," jawab Zaenal dengan kalimat yang tak teratur.

Zaenal mengatakan bahwa kesenian asli Trenggalek memang Turonggoyakso. Namun di samping Turonggoyakso, terdapat pula kesenian reog yang aslinya dari Ponorogo.

Saat ini, kesenian reog juga sudah mengakar dan banyak berkembang di Trenggalek itu. Karena itu, jelas Zaenal, alasan pihaknya mendirikan museum reog untuk melestarikan kesenian tersebut agar tetap bisa berdikari di Kabupaten Trenggalek.

"Jadi tidak hanya kesenian Turonggoyakso, banyak kesenian lain yang perlu kita lestarikan atau perlu kita berdayakan di Kabupaten Trenggalek," kata dia.

Setelah itu, moderator mempersilakan Cawabup Syah Natanegara untuk menanggapi jawaban dari Cawabup Zaenal. Namun Cabup Alfan Riyanto menyela dan meminta pada moderator agar diberi kesempatan menjawab pertanyaan dari Syah Natanegara.

"Tidak boleh, ini khusus untuk calon wakil bupatinya," kata moderator sembari tertawa.

Melihat Cabup Alfan yang ingin ikut menjawab, Syah Natanegara menilai pernyataan Cawabup Zaenal tidak sinkron dengan pasangannya, soal rencana membangun museum reog di Kabupaten Trenggalek.

"Berarti ini ada ketidaksepakatan dengan apa yang sudah disampaikan oleh Pak Totok, ketika Pak Totok punya gagasan untuk membangun museum reog," kata Syah seolah bertanya pada Zaenal.

Bicara masalah budaya atau kesenian, kata Syah, pihaknya justru bersikeras akan memfasilitasi dan melestarikan sekaligus mengembangkan dengan cara membangun rumah budaya di Kabupaten Trenggalek.

"Jadi seperti reog atau jaranan, itu bukan merupakan peninggalan. Dan sebagaimana kita ketahui bersama, museum itu adalah tempat untuk menyimpan," kata Syah. (man/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...