Kamis, 28 Januari 2021 00:47

Diduga Melanggar Prokes, Tim Pemenangan Erji dan Maju Dimintai Klarifikasi Sat Intelkam Polrestabes

Senin, 23 November 2020 19:54 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nanang Fachrurozi
Diduga Melanggar Prokes, Tim Pemenangan Erji dan Maju Dimintai Klarifikasi Sat Intelkam Polrestabes
Masing-masing Tim Pemenangan Paslon Erji dan Maju saat dimintai keterangan terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan di Mapolrestabes Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Satuan Intelkam Polrestabes Surabaya memanggil Tim Pemenangan Paslon 01, ErJi dan Paslon 02, Maju untuk dimintai klarifikasi adanya dugaan pelanggaran Protokol Kesehatan (Prokes) di masa kampanye Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Surabaya.

Pada klarifikasi dugaan pelanggaran prokes yang dilakukan tim pemenangan Paslon 01 dan Paslon 02, dihadiri Heri Akhmad Wiyono (Tim Pemenangan Paslon 1) dan Bagiyon (Tim Pemenangan Paslon 2), di ruang Kasat Intelkam, Senin (23/11/2020) dini hari.

"Bahwa tugas Polri adalah intervensi sejak dini, dan tentunya membutuhkan peran serta semua pihak. Kami menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19. Polrestabes Surabaya fokus dalam mengawal jalannya tiap agenda pilkada, sejalan dengan warga masyarakat Surabaya sehat, tentunya dengan tetap menjalankan prokes dengan ketat dan tegas," tegas AKBP Wimboko, Kasat Intelkam Polrestabes Surabaya didampingi Ipda Agus Sulistiono, Kanit 1 Intelkam Polrestabes Surabaya, kepada bangsaonline.com, senin (23/11) melalui WhatsApp-nya.

"Polri bersikap netral terhadap Pilkada Kota Surabaya. Keselamatan para pendukung masing-masing paslon jauh lebih penting dari semuanya. Mohon ini juga menjadi perhatian dan beban moril bagi penyelenggara kegiatan," imbaunya.

"Masing-masing pihak baik tim paslon 1 maupun paslon 2, kami panggil dan ingatkan karena berpotensi ada pelanggaran Prokes. Niat Polri tetap mendukung pilkada damai dan kondusif, tapi kesehatan masyarakat nomor 1. Dan, siapa pun wali kotanya, yang penting warganya sehat," bebernya.

Klarifikasi ini, kata AKBP Wimboko, diperlukan untuk mengingatkan tim pendukung paslon terhadap pelanggaran prokes.

"Ke depan apabila ada kerumunan yang rentan timbulnya klaster baru, Polri akan menghentikan giat kampanye sesuai Maklumat Kapolri No. MAK/3/IX/2020 tentang Kepatuhan Dalam Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tahun 2020," tegasnya.

"Kegiatan klarifikasi ini harap disampaikan ke tim masing-masing paslon dan ini merupakan warning agar semua tim ppemenangan mematuhi prokes serta kedepan akan membuat surat edaran terhadap kepatuhan prokes kembali," terangnya.

Menurut Wimboko, Polri sangat mendukung tahapan kampanye yang menjadi bagian dari agenda pilkada serentak. Namun, tetap ada batasan yang mengatur terkait protokol kesehatan.

Sekadar diketahui, Sat Intelkam Polrestabes melakukan klarifikasi pemanggilan terhadap Tim Pemenangan Paslon 01 dan 02, yang diduga melanggar prokes saat kampanye. Dugaan pelanggaran itu, tercatat oleh Tim Pemenangan Paslon 01 di Jl. Balongsari RW 6 Kelurahan Balong Sari, Kecamatan Tandes, dan Tim Pemenangan Paslon 02, di posko pemenangan Jl. Sedap Malam no 2 Surabaya yang sama-sama dilakukan pada hari Minggu tanggal 22 November 2020 sekitar Pkl. 08.00 WIB. (nf/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...