Rabu, 23 Juni 2021 15:37

Ria: Wisudawati Berprestasi Program Studi Sosiologi FISIB UTM, Alumnus MA Annuqayah

Senin, 23 November 2020 12:57 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Ahmad Fauzi
Ria: Wisudawati Berprestasi Program Studi Sosiologi FISIB UTM, Alumnus MA Annuqayah
Alfiyatul Khairiyah, wisudawati lulusan sarjana berprestasi dari Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) UTM pada Wisuda XXVII Semester Gasal Tahun Akademik 2019/2020 dengan IPK 3,67. (foto: ist)

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Alfiyatul Khairiyah, putri dari pasangan H. Homaidy dan Fauzah ini terpilih sebagai wisudawati lulusan sarjana berprestasi dari Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) UTM pada Wisuda XXVII Semester Gasal Tahun Akademik 2019/2020 dengan IPK 3,67.

"Saya tidak menyangka mendapatkan lulusan berprestasi, karena tidak menargetkan secara khusus dalam pencapaian prestasi, hanya bekerja keras dan berjuang terus dari awal bahkan sejak lulus dari aliyah di Pondok Pesantren Annuqayah," kata Alfiyatul Khairiyah.

Ria-sapaannya sehari-hari di kampus mengatakan, meski disibukkan dengan beberapa kegiatan di kampus, namun dirinya tetap berjuang agar lulus dengan yang terbaik dan tepat waktu untuk dipersembahkan kepada kedua orang tua agar tidak kecewa. Mengingat, orang tuanya sempat enggan merestui dirinya kuliah di UTM dikarenakan faktor ekonomi.

"Awalnya orang tua tidak setuju kuliah di UTM karena takut biayanya tinggi, cukup teruskan nyantri saja di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep," jelasnya.

BACA JUGA : 

Wali Kota Maidi: Kita Beruntung Punya Pancasila, Benteng Ideologi Penjaga Persatuan Bangsa

Bobol Data Kartu Kredit untuk Transaksi Mata Uang Kripto, 4 Mahasiswa Diamankan Polda Jatim

Terapkan Kampus Merdeka, Dekan Fakultas Keislaman UTM Siapkan Kerja Sama dengan 50 Mitra

Pencurian di Lingkungan UTM Marak Lagi, Mahasiswa Demo Minta Polres Bangkalan Bentuk Tim Khusus

Namun Ria tidak putus asa, dengan di-support gurunya, K. Muzayyin (alm), ia meyakinkan orang tuanya. Kini, ia pun telah berhasil membuktikan kesungguhannya tersebut dengan prestasi yang diraihnya.

Ria menuturkan, predikat kelulusan ia persembahkan kepada kedua orang tua dan gurunya, K. Muzayyin (alm). "Karena beliau yang memberikan semangat, dorongan, bahkan mengantarkan dirinya waktu ujian SBNPTN di Surabaya empat tahun lalu," tutur Ria sembari mengeluarkan air mata.

Saat kuliah, Ria aktif di berbagai organisasi. Jabatan yang pernah diembannya, yakni Ketua Himpunan Mahasiswa UTM, Anggota Jaringan Mahasiswa Sosiologi se-Jatim, Wakil Gubernur BEM Fakultas (2018) ,Wakil Presiden BEM Universitas (2019), Koordinator Forum Perempuan BEM-SI se-Jatim (2019), dan Ketua Komisariat PMII (2018).

Sementara prestasi yang pernah diukir Ria, yakni meraih Juara I Karya Tulis Ilmiah SMA sederajat se-Madura (2015), Juara II Lomba Karya Tulis Ilmiah UTM (2016), Juara II Lomba Debat Pariwisata Fakultas (2017), Duta Sosiologi Jurusan (2017), Duta Budaya Favorit Fakultas (2017), Juara II Essay Gusdur Umum Regional (2017), Finalis Karya Tulis Ilmiah Nasional (2017), Juara II Essay Hari Santri PMII Bangkalan (2018), dan Lomba Karya Tulis se-UTM.

Ria dapat menyelesaikan studinya di Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) UTM dengan skripsi berjudul "Konstruksi Sosial Novel Surga yang Tak Dirindukan Karya Asma Nadia terhadap Komunitas Muslimah AsmaNadians Surabaya".

"Saat ini, saya masih ingin melanjutkan ke magister (S2) agar ilmu dapat terus bertambah, karena saya ingin mengabdi kepada masyarakat sesuai dengan sambutan Rektor UTM, agar dapat mengabdikan diri di masyarakat, apalagi sudah menyandang predikat cendekiawan atau intelektual," tukasnya. (uzi/zar)

Pasuruan Zona Merah, Vaksinasi Digencarkan
Selasa, 22 Juni 2021 23:42 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan Menggelar Vaksinasi Massal Selasa Siang Tadi(22/06/2021). Vaksinasi Ini Dilakukan Di Alam Terbuka, Tepatnya Di Wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan. Warga Terlihat Antusias Mengantre Untuk Mengikuti Vaksi...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Rabu, 23 Juni 2021 06:20 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Perang Diponegero melawan penjajah Belanda menimbulkan korban luar biasa. Ribuan penjajah Belanda tewas. Begitu juga para pejuang Indonesia. Bahkan Belanda sempat kewalahan.Perang Diponegoro pecah karena penjajah Beland...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...