Kamis, 03 Desember 2020 14:05

Videonya Diduga Kampanye di Musala Beredar, Jubir Paslon Gus Yani-Bu Min Dipanggil Bawaslu Gresik

Rabu, 28 Oktober 2020 19:31 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Videonya Diduga Kampanye di Musala Beredar, Jubir Paslon Gus Yani-Bu Min Dipanggil Bawaslu Gresik
Jubir Paslon Niat, H. Sururi saat dimintai keterangan oleh Bawaslu Gresik. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bawaslu Kabupaten Gresik memanggil Jubir Cabup dan Cawabup Nomor Urut 2, Fandi Akhmad Yani dan Aminatun Habibah (Niat), H. Sururi, Rabu (28/10/2020).

Pemanggilan Sururi terkait beredarnya video bersangkutan tengah berkampanye di tempat ibadah. Dalam video yang beredar, Sururi ditengarai menyampaikan ajakan mendukung dan memenangkan Gus Yani dan Bu Min.

Didampingi Ketua Harian Tim Advokat Niat, Irfan Choiri, S.H., M.H, Sururi disumpah di bawah Al-Qur'an oleh Divisi Pengawasan Bawaslu Gresik, Syafi' Jamhari, saat dimintai keterangan di bawaslu.

Sururi berdalih kegiatan di musala tersebut bukan kampanye, melainkan acara doa bersama. "Itu acara doa bersama alumni Ponpes Tebuireng yang berada di barisan Niat. Jadi, saya tegaskan tidak ada kampanye di situ," ujar Sururi kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (28/10/2020).

Sururi mengaku hanya menyampaikan kepada Kiai Ponpes Tebuireng, Gus Fahmi yang berkesempatan hadir dalam pertemuan tersebut, bahwa alumni Ponpes Tebuireng mendukung Gus Yani. 

"Banyak teman-teman alumni Ponpes Tebuireng yang mendukung Paslon Niat karena selain manut kiai, visi misi Niat programnya peduli kepada pesantren dan agama," ungkap Ketua Pergunu Jawa Timur ini.

Sementara Irfan Choiri menuturkan jika musala yang digunakan pertemuan itu merupakan milik pribadi di rumah Gus Yani, bukan musala umum di kampung maupun perumahan. 

"Musala itu ada di dalam rumahnya Gus Yani. Jadi yang biasa beribadah di situ kalau bukan keluarganya Gus Yani, ya tamunya," tegas Irfan Choiri yang juga Ketua Bappilu DPC Nasdem Gresik ini.

Masih menurut Irfan, musala yang dipersoalkan itu juga berlokasi di posko pemenangan paslon Niat di Dusun Srembi, Kecamatan Kebomas. Sehingga, musala tersebut termasuk fasilitas dari tim pemenangan Niat. "Karena itu, acara yang dipimpin oleh H. Sururi tidak menggunakan tempat ibadah sebagai fasilitas umum, tetapi fasilitas pribadi," bebernya.

Sementara Ketua Bawaslu Gresik, Moh. Imron Rosyadi mengatakan bahwa temuan video yang beredar itu masih berupa dugaan kampanye di tempat ibadah. Pihaknya akan melakukan investigasi nantinya. 

"Karena masih dugaan maka harus dilakukan investigasi. Dari hasil investigasi nanti kami putuskan lewat pleno. Termasuk definisi tembat ibadah yang dimaksud sebagai fasilitas umum sesuai UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang pilkada akan kami lakukan kajian-kajian," pungkasnya. (hud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...