Minggu, 06 Desember 2020 08:31

Komisi II DPRD Gresik Dorong Pemerintah Serius Kembangkan Wisata Desa

Senin, 12 Oktober 2020 14:49 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Komisi II DPRD Gresik Dorong Pemerintah Serius Kembangkan Wisata Desa
M. Syahrul Munir

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Komisi II DPRD Gresik memberikan apresiasi atas inisisiasi Komunitas Wartawan Gresik (KWG) yang akan bekerja sama dengan DPRD menggali potensi desa untuk menciptakan lapangan pekerjaan, mengurangi angka pengangguran, dan kemiskinan.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Gresik, M. Syahrul Munir menyarankan agar KWG memaksimalkan sektor pariwisata desa yang saat ini tengah booming. Di sisi lain, pihaknya juga terus mendorong Pemkab Gresik agar serius dalam pengembangan wisata, baik wisata di lahan milik pemerintah maupun desa.

"Pemkab harus supporting keberadaan obyek wisata yang ada untuk dikembangkan," ujar Syahrul Munir kepada BANGSAONLINE.com, Senin (12/10/2020).

Dikatakan Syahrul Munir, dukungan pemerintah terhadap keberadaan obyek wisata yang ada, bisa dengan memberikan bantuan pendanaan. Termasuk, membangun infrastruktur penunjang, seperti akses jalan yang representatif, dan sarana penunjang lain.

"Juga, tak kalah penting upaya pemerintah gencar mempromosikan keberadaan wisata yang ada," jelas Sekretaris Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) ini.

Syahrul Munir mengungkapkan, saat ini di Kabupaten Gresik tengah berkembang wisata-wisata desa. Mereka berlomba untuk menggarap potensi wisata yang berdampak terhadap peningkatan pendapatan asli desa (PADes) ini.

Syahrul Munir mencontohkan sejumlah desa yang telah berhasil mengembangkan obyek wisata sehingga mendatangkan PADes. Yakni Wisata Setigi di Desa Sekapuk, Wagos di Desa Gosari, dan Wisata Mangrove Muara Bengawan Solo (MBS) di Desa Pangkahwetan Kecamatan Ujungpangkah. Sementara untuk wisata kuliner dan alam perdesaan, seperti di Desa Hendrosari Kecamatan Menganti.

"Komisi II akan menyiapkan regulasi yang mengatur pengembangan wisata desa. Jadi, adanya wisata desa jika dimaksimalkan akan mendongkrak pendapatan asli desa (PADes), maupun pendapatan asli daerah (PAD)," ungkapnya.

Nantinya, kata Syahrul, regulasi tersebut memayungi segala kebutuhan penunjang pengembangan wisata, mulai pendanaan berupa bantuan dari pemerintah, baik pemerintah kabupaten, provinsi, maupun pusat. Kemudian, infrastruktur mulai lahan, parkir, dan lainnya.

"Sehingga, dengan adanya payung hukum itu pengelolaan wisata bisa berkembang dan berjalan baik. Makanya, Komisi II meminta kepada pemerintah agar bisa lebih maksimal untuk menggarap potensi daerah berupa sektor wisata," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Kamis, 03 Desember 2020 15:46 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...