Selasa, 26 Januari 2021 20:04

Resmikan RS Eka Husada di Menganti, Bupati Sambari: Kesehatan Adalah yang Paling Utama

Kamis, 01 Oktober 2020 14:53 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Resmikan RS Eka Husada di Menganti, Bupati Sambari: Kesehatan Adalah yang Paling Utama
Bupati Sambari didampingi pejabat forkopimda ketika meresmikan RS Eka Husada. (foto: ist).

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto meresmikan Rumah Sakit (RS) Eka Husada Gresik di Jalan Raya Menganti Kecamatan Menganti, Kamis (1/10/2020).

Peresmian tersebut ditandai dengan pembacaan surat pernyataan yang dibacakan oleh Dirut RS Eka Husada, dr. Indrawati, M.M., MARS. Surat itu berisikan bahwa semua pasien sebelum masuk RS Eka Husada harus menjalani screening.

"Meski demikian kalaupun pemerintah daerah meminta agar menerima pasien Covid-19 apabila semua rumah sakit yang ada sudah penuh, maka RS Eka Husada wajib mengikutinya," ujarnya.

Sebelum menandatangani prasasti dan memotong rangkaian melati sebagai tanda grand opening RS, bupati meminta agar tidak ada lagi pasien non-Covid-19 yang ketakutan masuk rumah sakit terutama masuk RS Eka Husada.

"Selama ini disinyalir banyak orang sakit yang takut mendatangi rumah sakit. Hal ini sangat berbahaya karena akan semakin meningkatkan jumlah orang yang penyakitnya semakin parah dan meninggal dunia. Rumah Sakit Eka Husada ini sebagai jawaban agar pasien tidak takut datang ke RS," jelasnya.

Bupati menyatakan bahwa jumlah tempat tidur rumah sakit yang ada di Gresik sudah mencapai 1.716 tempat tidur. "Untuk kasus Covid-19 di Gresik sudah semakin membaik. Hal ini ditandai dengan jumlah pasien Covid-19 yang ada di Stadion Gelora Joko Samudro sudah sangat berkurang. Okupansinya hanya 9 tempat tidur yang terisi dari 200 tempat tidur yang disiapkan saat ini," ungkap bupati.

Ditambahkan bupati, program kesehatan adalah yang paling utama. Menurutnya, dengan diresmikannya RS Eka Husada yang terletak di Jalan Raya Menganti Gresik, diharap semakin meningkatkan pemerataan pelayanan kesehatan di seluruh wilayah Kabupaten Gresik.

Sementara itu, Dirut PT Eka Husada Lestari yang membawahi Rumah Sakit Eka Husada menyatakan bahwa RS Eka Husada adalah sebuah rumah sakit swasta kelas C dengan jumlah tempat tidur sebanyak 101 tempat tidur.

Ia juga menerangkan bahwa Rumah Sakit Eka Husada sebagai RS Traumatologi dengan layanan unggulan trauma centre.

"Kami fokuskan di sana karena lingkungan rumah sakit adalah jalur padat lalu lintas dengan volume kendaraan berat yang super sibuk. Lingkungan kami juga banyak industri berat," katanya.

Selain pelayanan IGD yang memadai, RS Eka Husada juga membuka poli spesialis, rawat jalan, rawat inap, ruang kebidanan, ruang operasi, farmasi, one day care, ICU/NICU/PICU, kamar isolasi, kamar jenazah, radiologi, patologi klinik, ambulans, penyakit dalam, anak, bedah umum, kebidanan dan penyakit kandungan, orthopedi, paru, dan anestesi. (hud/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...