Pulihkan Ekonomi Lokal di Era Pandemi, Distan Kota Batu Gagas Kios Tugu Tani

Pulihkan Ekonomi Lokal di Era Pandemi, Distan Kota Batu Gagas Kios Tugu Tani Tri Agus Abdi Sholeh, Kasi Pengolahan dan Pemasaran Produk Hortikultura Distan Kota Batu menunjukkan salah satu produk di Kios Tugu Tani.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka pemulihan ekonomi lokal di era pandemi Covid-19, Dinas Pertanian (Distan) Kota Batu menggagas pendirian "Kios Sabtu Minggu (Tugu) Tani" di Anjungan Nusantara JTP 3 Kota Batu.

"Kios Tugu Tani ini merupakan inisiatif dari Seksi Pengolahan dan Pemasaran Bidang Hortikultura Distan Kota Batu. Dasar pemikirannya tiada lain untuk memulihkan ekonomi lokal akibat pandemi covid-19," ujar Tri Agus Abdi Sholeh, Kasi Pengolahan dan Pemasaran Bidang Hortikultura Distan Kota Batu, Senin (14/9).

Tri Agus menjelaskan, Kios Tugu Tani ini menampilkan produk unggulan Kota Batu seperti buah apel, jeruk keprok 55, strawberry, sayuran hidroponik, dan tanaman hias seperti Mawar Gunungsari.

"Kios ini hanya buka Sabtu dan Minggu karena alasan weekend day saja dengan tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19," ujarnya.

Saat ini, Kios Tugu Tani ini dikelola koperasi produsen dan distribusi Anugerah Dimya yang beralamat Dusun Junwatu, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo. Untuk produknya dipasok dari Koperasi Apel Bolo Tani Makmur yang terletak di Desa Junggo dan Gapoktan Mawar Gunungsari, serta Koperasi Susu Margo Makmur di Dusun Brau, Gunungsari. Pengelolaan kios ini juga dibantu para pelaku usaha dan kelompok wanita tani olahan hasil pertanian.

Selain produk-produk olahan dan segar unggulan Kota Batu, kios ini juga menyediakan beberapa produk olahan UKM dari daerah lain seperti Depok, Bekasi, Tuban, Semarang, Yogyakarta, dan beberapa produk lain dari Sulawesi.

"Selain itu ditunjang pula dengan beberapa produk koperasi, juga dibantu oleh petani binaan bengkel tani yang merupakan binaan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Kelompok Tani Bumiaji Asri," pungkas Tri Agus. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO