Kamis, 17 Juni 2021 13:23

​Budi Bonsai, Penghobi Bonsai dan Sepeda Tua: Keduanya Tak Terpengaruh Pandemi Covid-19

Minggu, 06 September 2020 12:36 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
​Budi Bonsai, Penghobi Bonsai dan Sepeda Tua: Keduanya Tak Terpengaruh Pandemi Covid-19
Budiono (kiri) dengan sepeda tuanya dan bonsai pohon lo seharga Rp 12 juta. (foto: MUJI H/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Menggabungkan 2 hobi sekaligus dan bisa sama-sama jalan, barangkali jarang ditemukan. Namun bagi Budiono (61), Warga Desa Ngasem, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, hal itu bisa dilakukan. Terbukti, ia punya 2 hobi sekaligus, yaitu sebagai pecinta bonsai dan pecinta sepeda tua alias unto.

Ditemui di kebun bonsainya, Budi Bonsai-sapaan bekennya mengaku mengenal bonsai baru tahun 2002 lalu. Waktu itu, ia pernah memburu pohon setigi bahan bonsai sampai Jepara. Selain itu, kota-kota lain juga pernah disambangi hanya untuk berburu bahan bonsai, seperti ke Bojonegoro dan Tuban.

Ia lantas membeberkan beberapa pohon bonsai yang saat ini ada di kebun belakang rumahnya, yakni pohon lo, serut, dolar, streblus, merten, busida, hokiante mikro, mustam, saengsimbur, adenium, kimeng, kaliandra, lohansung, brasilian, jambu peking, preh pupus merah, anting mutri mikro, dan beringin.

Ditanya soal harga, Budi menerangkan bahwa harga satu pohon bonsai itu sangat bervariasi tergantung jenis pohon dan bentuknya. Misalnya, harga bonsai pohon lo adalah Rp 12 juta/pohon, kimeng Rp 20-30 juta/pohon, serut Rp 12-25 juta/pohon, dan dolar daun panjang bisa mencapai Rp 15 juta/pohon.

BACA JUGA : 

Tak Alami Menstruasi, Ani Chasanah Minta PN Kediri Ganti Statusnya Jadi Lelaki Tulen

Penelitian Arkeologi Situs Candi Adan-Adan Tahap ke-5 Temukan Sudut Candi dan Dua Gentong

Ditinggal Ayahnya Ambil Tas di Mobil, Bocah Empat Tahun Tewas di Kolam Renang Hotel

Jadi Pusat Budi Daya Ikan Cupang, Hasilkan Rp 49,6 M, Kediri Bakal Gelar Kontes Betta

"Alhamdulillah, saat pandemi ini, hobinya tak terpengaruh. Malahan permintaan bonsai meningkat," ujar Budi Bonsai usai ngonthel, Minggu (6/9/2020).

Ditambahkan oleh Budi, selain hobi bonsai, dirinya juga hobi naik sepeda, khususnya sepeda tua atau unto. Dengan berolahraga naik sepeda tua, tubuh menjadi sehat dan bisa menambah imun, sehingga bisa mengurai tertular Covid-19.

"Saya punya sepeda tua merek Simplex produk Belanda, Humber Inggris, dan Opel, dari Jerman. Bonsai dan sepeda tua itu sama-sama barang antik dan seni. Makanya, saya sangat suka. Kebetulan istri saya juga suka bonsai dan ngonthel," terang Budi.

Budi mengaku mulai aktif mengoleksi sepeda dan naik sepeda tua atau unto sejak Januari 2017, meski sebelumnya ia merasa senang lantaran mertuanya adalah penggemar sepeda tua sekaligus sebagai penjual sepeda di Desa Ngreco, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri.

"Kalau terkait bonsai, saya adalah anggota PPBI (Persatuan Penggemar Bonsai) Kabupaten/Kota Kediri. Sedang soal sepeda tua, saya bergabung di Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kediri. Dua-duanya bisa jalan beriringan," pungkas Pensiunan Dinas Kominfo Kabupaten Kediri itu. (uji/zar)

Soal Anggaran Menhan untuk Alutsista Rp 1.700 Triliun, Ini Komentar Kiai Asep
Kamis, 17 Juni 2021 00:22 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Heboh anggaran untuk membeli Alutsista sebesar Rp 1.700 Triliun membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus mendapat sorotan publik. Padahal, menurut Prabowo, master plan atau grand design itu permintaan ...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Kamis, 17 Juni 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Di Indonesia, terutama di Bangkalan dan Kudus, Covid-19 mengganas. Ratusan orang meninggal dunia.Tapi di belahan dunia lain Covid-19 justru lenyap. Inilah yang terjadi di California. Warganya pun berpesta. Pesta merd...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...