Pembahasan RKA Dikebut, Paripurna P-APBD II Kabupaten Pasuruan Direncanakan Digelar Pada Hari Libur

Pembahasan RKA Dikebut, Paripurna P-APBD II Kabupaten Pasuruan Direncanakan Digelar Pada Hari Libur Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan. (foto: ist).

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Komitmen tinggi kembali ditunjukkan para anggota dewan di Gedung Raci dalam menyelesaikan tugas pokok yang sudah disepakati bersama dalam rapat Banmus, yakni merampungkan Pembahasan P-APBD II Kabupaten Pasuruan 2020 tak lebih dari sepekan.

Bahkan, dalam pembahasan RKA (Rencana Kerja Anggaran) di masing-masing komisi dengan mitra, dilaksanakan hingga larut malam.

Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan menjelaskan bahwa untuk pengesahan P-APBD II kemungkinan akan digelar pada Sabtu (29/8/2020) besok, mengingat pembahasan di masing-masing komisi dengan mitra kerja sudah rampung. Kalaupun ada yang belum rampung, maka akan diupayakan bisa selesai pada hari Jumat (28/8/2020) ini.

Ia menambahkan, bila dibandingkan dengan pembahasan tahun kemarin, pembahasan P-APBD tahun ini lebih cepat, yakni akhir Agustus sudah bisa disahkan DPRD. "Kita berharap dengan selesainya pembahasan ini, maka program-program pemkab di usulan induk yang belum bisa dilaksanakan oleh Bupati Pasuruan bisa dilaksanakan," ujar Politikus PKB ini, Jumat (28/8/2020).

"Banyak program-program pembangunan yang sudah direncanakan oleh pemkab, terpaksa ditunda lantaran anggaran yang ada kena refocusing karena dialihkan untuk penanganan Covid-19," sambungnya.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan data KUPA PPAS 2020, pendapatan daerah hanya menembus Rp 3,1 triliun. Padahal pada APBD induk, tembus Rp 3,5 triliun. Turunnya pendapatan itu, tentunya berpengaruh terhadap belanja. Di mana, anggaran belanja daerah hanya diproyeksikan menembus Rp 3,4 triliun. Padahal, proyeksi awal mencapai Rp 3,8 triliun.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Andri Wahyudi pesimis bila pengesahan P-APBD bisa disahkan pada Sabtu besok. Menurutnya, hal tersebut bukan karena faktor ada kesengajaan untuk mengolor pembahasan, akan tetapi lebih pada soal adanya pembahasan di komisi yang masih belum rampung.

"Kalau untuk kepastian pengesahan P-APBD pada Sabtu besok, saya belum bisa memastikan karena ada pembahasan di salah satu komisi dengan mitra kerja yang belum rampung. Tunggu saja informasinya," tukasnya. (bib/par/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO