Minggu, 06 Desember 2020 08:34

​Lapas Kelas IIB Jombang Gagalkan Penyelundupan Narkoba Modus Buah Salak

Senin, 24 Agustus 2020 21:03 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Aan Amrulloh
​Lapas Kelas IIB Jombang Gagalkan Penyelundupan Narkoba Modus Buah Salak
Kalapas Jombang, Mahendra Sulaksana. (foto: ist).

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sebanyak kurang lebih 1.000 butir pil yang diduga obat terlarang (narkoba) berhasil digagalkan oleh petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Jombang, Senin (24/8/2020).

Barang haram tersebut diamankan dari seorang pengunjung perempuan yang mengirim satu plastik buah salak. Rencananya ditujukan pada salah satu warga binaan yang sedang menjalani masa hukuman dengan kasus narkoba.

Kepala Lapas Kelas IIB Jombang, Mahendra Sulaksana mengatakan, pihaknya menemukan adanya sekitar seribu butir pil warna putih yang diduga narkoba jenis Pil Dobel L dari salah satu pengunjung.

“Tadi ada pengunjung yang menitipkan barang dibungkus plastik kresek untuk diserahkan pada salah satu warga binaan kita sekira pukul 09:15 WIB. Sebelum kita serahkan pada penghuni lapas, barang kita cek dulu,” ucapnya saat ditemui di kantornya.

“Setelah kita lakukan pengecekan barang titipan pengunjung, kita mendapat kecurigaan saat memegang buah salak yang di dalamnya berisi pil tadi. Kemudian kita buka, dan ternyata isinya butiran putih seperti tablet,” imbuhnya.

Mahendra menduga barang tersebut dibawa pengunjung berinisial VN, yakni istri dari WBP yang sedang menjalani pidana di Lapas Jombang. VN memasukkan pil koplo itu dengan cara mengemasnya di dalam kulit buah salak. Dalam kasus ini, isi buah terlebih dahulu dikeluarkan dan diganti pil yang telah dikemas dalam plastik.

“Selanjutnya kulit buah salak tersebut dilem seolah-olah mirip buah yang belum dikupas. Kemudian disamarkan dengan buah lainnya dan lauk pauk,” terangnya.

Dengan kejadian tersebut, petugas melaporkan ke Kasie Kamtib dan KA.KPLP. Selanjutnya, temuan ini telah diserahkan kepada pihak Kepolisian Resor (Polres) Jombang sebagai bentuk sinergitas antarinstansi untuk ditindaklanjuti sesuai peraturan dan perundang-perundangan yang berlaku. (aan/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Kamis, 03 Desember 2020 15:46 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...