BHS Bakal Gelar Lomba Permainan Tradisional Antardesa se-Sidoarjo

BHS Bakal Gelar Lomba Permainan Tradisional Antardesa se-Sidoarjo SERU: Bambang Haryo Soekartono (BHS) melihat permainan egrang saat mengunjungi Kampung Lali Gadget (KLG) di Desa Pagerngumbuk, Wonoayu, Jumat (21/8/2020). (foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE)

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo, Bambang Haryo Soekartono (BHS) berencana menggelar lomba permainan tradisional antardesa se-Kabupaten Sidoarjo. Upaya itu untuk lebih mengenalkan permainan tradisional pada anak-anak. Harapannya, permainan tradisional tetap lestari dan tidak punah.

Rencana itu diungkapkan BHS saat mengunjungi Kampung Lali Gadget (KLG) di Dusun Bendet, Desa Pagerngumbuk, Kecamatan Wonoayu, Jumat (21/8/2020). "Sebelum diamanahi sebagai bupati, permainan tradisional ini akan saya perlombakan," tandas Politikus Partai Gerindra ini.

Permainan tradisional yang bakal dilombakan, di antaranya Patil Lele, Egrang, dan Gobak Sodor. "Akan dilombakan antardesa. Diharapkan tiap desa untuk menyiapkan jago-jagonya untuk permainan tradisional yang dilombakan tersebut," tandas BHS di sela melihat perlombaan permainan tradisional di lahan bermain KLG.

BHS juga memberikan apresiasi terhadap keberadaan KLG. Sebab KLG mendorong generasi muda, yakni anak-anak untuk melakukan sejumlah kegiatan yang positif di luar penggunaan gadget atau ponsel. "Gadget itu ada positif dan negatifnya. Tapi kalau seumur-umur mereka (anak-anak), negatifnya kadang-kadang lebih banyak dari positifnya," ungkapnya.

Mantan Anggota DPR RI Periode 2014-2019 ini menilai, keberadaan KLG di Desa Pagerngumbuk ini bisa mendorong masyarakat, khususnya anak-anak untuk bisa lebih mengenal budaya, yakni permainan tradisional. "Di mana ini (permainan tradisional) sudah banyak ditinggalkan oleh orang-orang di kota atau orang-orang desa di wilayah lainnya," jlentreh BHS.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO