Rumah Kelahiran Bung Karno Diserahkan ke Pemkot, Peneleh Bakal Jadi Kawasan Wisata Luar Biasa

Rumah Kelahiran Bung Karno Diserahkan ke Pemkot, Peneleh Bakal Jadi Kawasan Wisata Luar Biasa Langgar Dukur Kayu di Kampung Lawang Seketeng.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Rumah kelahiran Soekarno () di Jalan Peneleh gang Pandean IV nomor 40, Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng, Kota , akhirnya diserahkan ahli waris kepada Pemerintah Kota (Pemkot) bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin (17/8).

Seusai diserahkan, Wali Kota Risma sempat meninjau langsung kondisi di dalam rumah tersebut. Ia juga meninjau beberapa tempat bersejarah yang ada di kawasan tersebut, seperti Langgar Dukur Kayu di Kampung Lawang Seketeng, Makam Mbah Pitono, dan beberapa benda bersejarah lainnya.

Pada kesempatan itu, Risma menyampaikan terima kasih banyak kepada para ahli waris rumah kelahiran yang telah sudi dan berkenan merelakan rumahnya diserahkan kepada Pemkot . Menurutnya, rumah ini adalah rumah simbol kebanggaan bersama.

“Terima kasih para ahli waris yang sudah sudi dan berkenan merelakan rumah kebanggaan kami, ini simbol kebanggaan kami. Nanti rumah ini akan kita jadikan museum, apalagi di kawasan ini banyak sejarahnya dan sudah kita beri titik-titik, seperti langgar, makam, dan beberapa benda lainnya,” ucap Risma.

(Wali Kota Risma menerima rumah kelahiran dari ahli waris)

Presiden UCLG Aspac ini mengatakan bahwa niat baik para ahli waris ini tentu akan sangat bermanfaat bagi bangsa dan negara Indonesia. Sebab, nanti anak-anak dan anak luar bisa belajar sejarah di rumah ini, termasuk bagaimana perjuangan dengan segala keterbatasannya tapi mampu membuat Indonesia sejajar dengan negara-negara lain di dunia.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO