Sabtu, 19 September 2020 20:27

Bupati Sambari Minta APK Pilkada Tak Ditempel di Pohon dan Tembok

Kamis, 06 Agustus 2020 16:53 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Bupati Sambari Minta APK Pilkada Tak Ditempel di Pohon dan Tembok
Bupati Sambari bersama Ketua KPU Achmad Roni. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto meminta kepada pasangan calon (paslon), tim dan pendukung Pilbup Gresik 9 Desember 2020, agar tak menempel alat peraga kampanye (APK) di pohon dan tembok.

Untuk itu, Bupati Sambari meminta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik dan perwakilan partai politik untuk menertibkan pemasangan APK. 

"Jangan sampai gambar-gambar ditempel di tembok, di pohon, dan tempat-tempat lain yang mengganggu keindahan. Mari kita jaga bersama keindahan kota Gresik ini," ujarnya saat memberi sambutan pada rapat koordinasi dan sosialisasi Peraturan KPU RI Nomor 5 Tahun 2020, di Ruang Mandala Bakti Praja Kantor Bupati Gresik, Kamis (6/8).

Bupati mengungkapkan, anggaran Pemkab Gresik yang dikucurkan untuk pelaksanaan Pemilukada tahun 2020 mencapai Rp 84,8 miliar, untuk KPU, Bawaslu, dan instansi lain. 

"Kami berharap pemilukada tahun ini bisa lebih sukses, kondusif, serta stabilitas keamanan terjaga seperti tahun-tahun yang lalu. Pemilukada kali ini memilih bupati periode yang ke-9," jelasnya.

Ketua KPU Gresik Achmad Roni menyampaikan terima kasih kepada Bupati Gresik atas dukungan, terutama dalam hal pendanaan yang sudah beres 100 persen. Atas dukungan tersebut, lanjut Roni, KPU Gresik menyatakan siap melaksanakan Pemilukada tahun 2020. 

"Kami berharap pemilukada di Gresik bisa lebih sukses dari pemilukada sebelumnya. Kalau pada pemilukada sebelumnya jumlah pemilih di Gresik mencapai 70,1 persen. Semoga pelaksanaan Pilkada 2020 kali ini bisa melebihi target. Mengingat negara Korea Selatan juga sukses melaksanakan pemilu di masa pandemi covid-19," ungkap Roni.

Terkait Pemilukada 2020, pihak KPU memperkirakan jumlah TPS di Gresik mencapai 2.264 dengan jumlah KPPS sekitar 19 ribu. 

"Ada syarat khusus untuk menjadi anggota KPPS yaitu harus melalui pemeriksaan kesehatan misalnya dengan rapid test dengan hasil non reaktif. Selain itu, untuk protokol kesehatan yang lain kami membatasi pendukung saat pendaftaran calon bupati dan wakil bupati yang kami agendakan pada 4 sampai 6 September 2020," jelas Roni.

Ditambahkan Roni, agenda pengumuman daftar pemilih sementara (DPS) pada 19 sampai 28 September 2020, pengumuman daftar pemilih tetap (DPT) pada 9-16 Oktober 2020.

Sementara Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto mengajak seluruh pimpinan Parpol yang hadir serta tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk menjaga stabilitas pemilukada agar aman, tertib, dan lancar. (hud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 06 September 2020 19:43 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Obyek wisata Pantai Bahak di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo mulai diminati para wisatawan. Bahkan di hari libur, pengunjung pantai Bahak mencapai ratusan orang.Menariknya, di tengah pandemi Covid-19, pantai Ba...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...