Senin, 21 September 2020 04:15

Gunawan Bapaslon Perseorangan Mencak-mencak di KPU, akan Kirim Surat Aduan ke DKPP dan PTUN

Kamis, 30 Juli 2020 19:07 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nanang Fachrurrozi
Gunawan Bapaslon Perseorangan Mencak-mencak di KPU, akan Kirim Surat Aduan ke DKPP dan PTUN

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gunawan, Bapaslon Perseorangan mencak-mencak di kantor KPU Surabaya. Ia mempersoalkan data dukungan istrinya yang berubah. Yakni dari awalnya dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) berdasarkan verfak, namun kemudian berubah menjadi Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Sedangkan untuk Gunawan sendiri, sebelumnya juga telah dinyatakan TMS. Padahal ia dan istrinya tidak pernah ditemui PPS dan PPK Kecamatan Wonocolo untuk melakukan verifikasi faktual (verfak).

"Saya heran dengan KPU, kok tiba-tiba jadi Memenuhi Syarat (MS), padahal tidak pernah ditemui. Sedangkan data sebelumnya tidak memenuhi syarat (TMS). Lha mangkelnya lagi, saya ingin lihat data sebelumnya di data Saya Masih TMS. Saya minta tidak diperkenankan. Alasannya, itu data kami (KPU), wong padahal itu data kami yang kita berikan ke KPU. Ini jelas indikasi KPU mengganjal kami, tidak transparan, dholim dan tidak demokratis," kata Gunawan emosi saat menghubungi bangsaonline.com via selulernya, Kamis (30/7/2020).

Kepada bangsaonline.com, Gunawan bersama istri mengaku datang ke kantor KPU sekitar pukul 15.00 WIB. Dan baru pukul 16.15 diklarifikasi pihak KPU Surabaya, menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu Surabaya terkait Verifikasi Faktual Lanjutan 1 dan 2.

Yang membuat Gunawan tambah emosi lagi, undangan verfak lanjutan yang dikirimkan KPU Surabaya terlalu mepet. Ia pun menilai kinerja KPU sebagai penyelenggara pemilukada tidak profesional.

"Coba anda bayangkan mas, undangan KPU ini terkait rekomendasi Bawaslu, baru dikirimkan kepada kami hari ini, Kamis (30/7) pukul 10.30 melalui PDF. Kemudian kami diminta menyiapkan saksi-saksi yang harus siap pukul 14.00. Sedangkan besok sudah hari raya kurban, di mana budaya orang madura, Idul Adha adalah hari raya yang sakral dalam budaya orang Madura. Ya jelas kita kami kelabakan. Kok sakjek sak nyet karepe dewe KPU iki. Ada apa KPU ini? Apa sengaja mendholimi kami untuk maju di Pilwali?," cetus Gunawan dengan nada tinggi.

Adanya kejadian ini, Gunawan dan tim bertekad melayangkan surat kepada Presiden dan mengirimkan surat aduan ke DKPP dan PTUN. "Saya dan tim tidak akan diam jika kami diperlakukan tidak adil seperti ini. Kami tidak akan berhenti sampai di sini," pungkas Gunawan.

Sekadar diketahui, dalam menindak lanjuti rekomendasi Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Surabaya nomor 130/K.JI-38/PM.06.02/VI/2020 tanggal 29 Juli 2020, KPU Kota Surabaya meminta saksi-saksi dari Bapaslon perseorangan Yasin-Gunawan untuk dihadirkan Dalam Verifikasi Faktual (verfak) Lanjutan 1 dan 2 pada hari ini, Kamis (30/7), di kantor KPU Surabaya, Jl Adityawarman. (nf/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...