Kunjungi Lamongan, Ketua KPU RI: 212 KPU Sudah Terima Kucuran Dana 100 Persen

Kunjungi Lamongan, Ketua KPU RI: 212 KPU Sudah Terima Kucuran Dana 100 Persen Arief Budiman dan Mahrus Ali saat ditemui awak media. foto: TRIWI YOGA/ BANGSAONLINE

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia ( RI) Arif Budiman menjelaskan, dari 270 daerah yang melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada), sudah 212 kabupaten/kota mendapat kucuran dana 100 persen.

Tersisa 58 daerah, yang belum mencapai 100 persen. Adapun sebanyak 270 penyelenggara pilkada terdiri dari 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota se-Indonesia. Khusus di Jawa Timur, yang belum sepenuhnya menyerap anggaran hanya tinggal Lamongan dan Surabaya.

"Sebetulnya dari 58 daerah sudah di atas 40 persen dan hanya Lamongan ini yang baru terima 18 persen dana APBN. Mungkin sisanya bisa ditransfer dalam waktu yang tidak terlalu lama," katanya, Senin (27/7/2020).

Arif Budiman menyampaikan data tersebut ketika berkunjung ke Kabupaten Lamongan. Sebelumnya, dia sempat melakukan webinar yang diselenggarakan Bawaslu RI.

Khusus Lamongan, menurut Arif Budiman, sudah siap menyelenggarakan pilkada tahun ini setelah anggaran dan sumber daya manusianya sudah lengkap.

"Pertama, Kita ukur dari anggarannya, yang kedua Kita ukur dari SDM-nya. Jadi, Kita bisa simpulkan kalau Lamongan ini sudah siap dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah," imbuhnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO