Klepon Wonosari Ada Sejak Tahun 70-an, Bahannya Tidak Ada yang Haram

Klepon Wonosari Ada Sejak Tahun 70-an, Bahannya Tidak Ada yang Haram Sutrisno, S.H., saat berada di Kedai Klepon Miroso Desa Wonosari, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Klepon kini sedang viral, setelah ada unggahan di jagat maya bahwa klepon itu makanan yang tidak Islami. Di Kediri, ada kedai klepon yang cukup ramai pengunjung, namanya Klepon Miroso.

Mbah Rirani (62), generasi ketiga pemilik usaha klepon Miroso Desa Wonosari, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, menjelaskan bahwa bahan baku klepon yang dibuatnya adalah tepung ketan diisi gula jawa. Setelah dimasak, klepon yang sudah dingin lalu ditaburi kelapa parut segar.

"Keluarga kami sudah berjualan klepon sejak tahun 1970-an. Saya sendiri adalah generasi ketiga yang meneruskan berjualan klepon ini," kata Mbah Rirani, Rabu (22/7).

Menurut Mbah Rirani, pelanggannya selain dari Kediri sendiri, juga ada yang datang dari berbagai kota di Indonesia, khususnya Pulau Jawa, yang kebetulan sedang berada di Kediri.

"Sebenarnya, kami tidak begitu memperhatikan pembeli klepon kami, datang dari mana. Tapi, biasanya, mereka sendiri yang bilang," tambah Mbah Rirani.

Simak berita selengkapnya ...