Mau Bertugas Coklit, 3.528 PPDP Pilbup Sidoarjo Jalani Rapid Test

Mau Bertugas Coklit, 3.528 PPDP Pilbup Sidoarjo Jalani Rapid Test SCREENING: PPDP asal Kecamatan Tarik menjalani rapid test di Pendapa Kecamatan Tarik, Sabtu (11/7). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 3.528 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Pilbup Sidoarjo menjalani rapid test, pada Sabtu dan Minggu (11-12/7). Rapid test itu untuk memastikan PPDP dalam kondisi sehat dan bebas Covid-19, sebelum bertugas melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih, mulai 15 Juli 2020 nanti.

Ribuan PPDP ini berasal dari 349 Desa dan Kelurahan di 18 Kecamatan di Sidoarjo. Rapid test digelar bekerja sama dengan dua rumah sakit (RS) swasta di Kabupaten Sidoarjo. Untuk menghindari kerumunan, rapid test digelar terpisah di 18 kantor Kecamatan di Sidoarjo.

Sekretaris , Sulaiman menjelaskan, rapid test sengaja digelar pada hari Sabtu dan Minggu, agar PPDP yang masih bekerja bisa mengikutinya. "Banyak PPDP yang juga bekerja di pabrik. Sehingga rapid test kami gelar di luar hari kerja," cetus Sulaiman saat memantau proses rapid test PPDP di Pendapa Kantor Kecamatan Tarik, Sabtu (11/7).

Kata Sulaiman, rapid test untuk memastikan PPDP dalam kondisi sehat sebelum bertugas melakukan Coklit data pemilih mulai 15 Juli 2020. Selain itu, rapid test bagian dari pemenuhan protokol kesehatan.

"Nanti saat bertugas di lapangan, PPDP juga dibekali masker, face shield (pelindung wajah), sarung tangan, dan hand sanitizer," ujar Sulaiman.

Di Pendapa Kantor Kecamatan Tarik, rapid test dilakukan terhadap 122 PPDP se-Kecamatan Tarik. Ratusan PPDP ini berasal dari 20 desa di wilayah Kecamatan Tarik. Ratusan PPDP ini secara bertahap mengikuti rapid test mulai pukul 13.00 WIB, hingga pukul 18.00 WIB.

Salah satu PPDP asal Desa Segodobancang Kecamatan Tarik, Titin, mengaku baru pertama kali mengikuti rapid test. Meski begitu, dia bersikap biasa. Menurut Titin, adanya rapid test ini bisa membuat masyarakat tak merasa was-was dengan keberadaan PPDP. "Biar masyarakat tidak ragu saat saya melakukan Coklit," tandas Titin.

Selain PPDP di Kecamatan Tarik, rapid test pada Sabtu (11/7) dilakukan untuk PPDP di Kecamatan Jabon, Porong, Candi, Gedangan, Balongbendo, Buduran, dan Tulangan. Sedangkan pada Minggu (12/7), rapid test dilakukan untuk PPDP di Kecamatan Sidoarjo, Waru, Sedati,Taman, Krian, Wonoayu, Sukodono, Tanggulangin, Prambon, dan Krembung. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO