Rabu, 16 Juni 2021 05:22

Melawan Covid-19, Jatim dapat Bantuan Ventilator HFNC dari LIPI

Selasa, 07 Juli 2020 22:12 WIB
Editor: MMA
Melawan Covid-19, Jatim dapat Bantuan Ventilator HFNC dari LIPI
Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr. Agus Haryono, M.Eng saat menyerahkan satu unit Ventilator Gerlink LIPI High Flow Nasal Cannula 01 (GLP HFNC-01) kepada Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Selasa (7/7). foto: ist/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali menerima bantuan ventilator guna memerangi Corona di Jawa Timur.

Satu unit Ventilator Gerlink LIPI High Flow Nasal Cannula 01 (GLP HFNC-01) dari Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr. Agus Haryono, M.Eng tersebut diterima langsung oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Selasa (7/7).

Alat tersebut merupakan produk alat terapi oksigen beraliran tinggi yang pertama di Indonesia dan telah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan dengan Nomor Izin Edar Alat Kesehatan: KEMENKES RI AKD 20403020951.

Seusai menerima bantuan tersebut, Khofifah menyampaikan ucapan terima kasih dan dukungan yang diberikan LIPI kepada Pemprov Jatim. Khofifah menyebut bantuan tersebut sebagai wujud kegotongroyongan melawan Covid-19 di Jatim.

BACA JUGA : 

221 Meninggal, di Bangkalan Ditemukan Mutasi Varian Delta India, Forkopimda Bertindak Cepat

Tiga Warga Jatim Terinfeksi Varian Baru Covid-19 Asal India

​Tangkal Covid-19, Warga Arosbaya Rajin Dzikir dan Burdah

Di AMSI Jatim, Khofifah: Dengan Digitalisasi, Investasi Jatim Tumbuh 33,8%

“AlhamdulillIah, terima kasih kepada LIPI yang memberikan bantuan kepada kami Pemprov Jatim. Terima kasih atas seluruh ikhtiar luar biasa yang dilakukan bersama-sama. Insyaallah Jatim bisa menang melawan Covid-19,” kata Khofifah.

Sementara itu, Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Dr. Agus Haryono, M.Eng menjelaskan, ventilator tersebut diperuntukkan bagi pasien yang mengalami gagal nafas, namun masih bisa melakukan pernafasan sendiri. Kalau ventilator tipe lainnya untuk pasien dengan tingkat gagal nafas yang parah.

Bisa dikatakan, sebelum pasien Covid-19 gagal nafas, diupayakan membaik dulu kondisinya dengan alat ini. Langkah ini sebagai upaya pencegahan.

“Alat ini sangat berguna untuk pasien COVID-19 untuk tahap awal jika pasien masih dalam kondisi dapat bernafas sendiri. Alat ini mencegah pasien tidak sampai gagal nafas dan tidak harus diinkubasi menggunakan ventilator invasif. Dan ini baru pertama kali dikembangkan di Indonesia. Sekiranya bisa membantu penanganan Covid-19,” katanya.

Agus juga menjelaskan LIPI menggandeng PT. Gerlink Utama Mandiri dalam menghasilkan produk ini. Untuk sparepartnya sebanyak 80 persen berasal dari dalam negeri, dan bisa diproduksi di Bandung. (tim)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipan...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...