Transisi New Normal, Mas Iin Dorong Cabor Tetap Rutin Berlatih

Transisi New Normal, Mas Iin Dorong Cabor Tetap Rutin Berlatih Achmad Amir Aslichin. foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo 2020 Achmad Amir Aslichin (Mas Iin) berharap atlet semua cabang olahraga (Cabor) di Sidoarjo tetap rutin berlatih di masa transisi new normal. Harapannya, agar target prestasi tetap bisa dicapai.

Namun, latihan tetap harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat karena pandemi Covid-19 belum berakhir. "Para atlet juga wajib mengonsumsi gizi yang seimbang dan istirahat harus teratur. Aktivitas olahraga bisa dimulai kembali tapi jangan teledor karena wabah Covid-19 masih mengancam," cetus Mas Iin, Minggu (5/7).

Dewan penyantun Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sidoarjo ini menegaskan, KONI Sidoarjo harus intens berkoordinasi dengan masing-masing cabor terkait pelaksanaan latihan atletnya.

Pemahaman protokol kesehatan harus dijelaskan dengan baik pada pelatih agar bisa diterapkan oleh atletnya. "Mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan harus benar-benar paham," beber anggota DPRD Jatim ini.

Pengawasan juga harus dilakukan secara rutin. Peninjauan saat latihan harus dilakukan oleh KONI melalui tim monitoring dan evaluasi (monev) cabor. Sehingga, setiap catatan dari tim monev bisa jadi bahan pertimbangan untuk meningkatkan kondisi atlet di tengah wabah Covid-19.

Wakil Ketua Askab PSSI Sidoarjo ini mencontohkan, untuk cabor sepak bola juga harus tetap menggunakan aturan protokol kesehatan. Fasilitas tempat cuci tangan juga harus tersedia. Latihan awal bisa dibagi dengan tim kecil. "Sepak bola sebagai salah satu olahraga populer harus jadi panutan dalam upaya mencegah penularan Covid-19," harap Mas Iin.

Dia melanjutkan, kondisi atlet harus dipantau secara berkala. Peningkatan kebutuhan gizi harus ditingkatkan. Agar stamina atlet bisa terjaga dan terhindar dari penularan virus corona. "Suplai gizi harus meningkat. Hal itu jadi prioritas KONI," ucap mantan anggota DPRD Sidoarjo itu.

Mas Iin mengingatkan agar penyemprotan disinfektan di tempat latihan juga rutin dilakukan. Dengan upaya meminimalisir penularan Covid-19, maka prestasi olahraga di Sidoarjo bisa terus ditingkatkan. "Prestasi yang sudah baik kita pertahankan yang kurang harus kita genjot lagi," pungkasnya. (sta/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO