Rabu, 12 Mei 2021 02:26

Jaring Cabup-Cawabup, PPP Sidoarjo Beri Kesempatan Calon Paparan Visi-Misi

Rabu, 01 Juli 2020 22:09 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Jaring Cabup-Cawabup, PPP Sidoarjo Beri Kesempatan Calon Paparan Visi-Misi
BAKAL CALON: Kelana Aprilianto dan Bambang Haryo Soekartono pose bersama Musyaffa' Noer dan Zuman Malaka, saat Rapimcab PPP Sidoarjo, Rabu (1/7). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mulai bersiap diri menjelang pelaksanaan Pilbup Sidoarjo 2020. Partai berlambang Ka'bah ini mulai melakukan penjaringan calon bupati (Cabup)-calon wakil bupati (Cawabup). Salah satu tahapannya, meminta calon memaparkan visi-misinya di forum Rapat Pimpinan Cabang (Rapimcab) PPP Sidoarjo, di Hotel Luminor, Rabu (1/7).

Ketua DPW PPP Jawa Timur Musyaffa' Noer mengatakan, penyampaian visi misi calon di forum Rapimcab, sebagai salah satu syarat mengikuti penjaringan Bacabup Sidoarjo melalui PPP. "Sehingga forum ini adalah forum proses penjaringan, untuk penyampaian visi misi bakal calon, didengarkan oleh pengurus DPC dan PAC PPP Sidoarjo," cetus Musyaffa' Noer saat membuka Rapimcab PPP Sidoarjo.

Kata Musyaffa', setelah visi misi disampaikan, ada tanggapan umum dari beberapa PAC PPP Sidoarjo. Sehingga, kata dia, Rapimcab itu bukan forum pengambilan keputusan, namun salah satu proses yang harus dilalui bakal calon. Dan masih banyak lagi syaratnya, mulai dari elektabilitas, popularitas dan lain sebagainya. "Sehingga target PPP, siapapun yang diusung, bakal terpilih sebagai Bupati Sidoarjo," tandas Musyaffa'.

Ditegaskan Musyaffa', yang berhak mengeluarkan rekomendasi pasangan calon adalah DPP PPP. Pihaknya saat ini hanya melakukan proses penjaringan paslon. Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk mengantongi rekomendasi PPP sebagai paslon di Pilkada. "Sehingga, calon yang diusung tidak hanya sekedar diusung, dan tidak sekedar calon, tapi bagaimana caranya bisa terpilih sebagai kepala daerah," tegasnya.

BACA JUGA : 

Dharma Lautan Utama Distribusikan Bantuan Logistik bagi Korban Gempa Bumi di Lumajang

Beras Sidoarjo Kalah Bersaing, BHS Dorong Modernisasi Mesin Penggilingan

Cegah Kecelakaan Maut, BHS Minta Semua Perlintasan KA di Sidoarjo Dilengkapi Sirine

Jelang Lebaran, BHS Minta Pemerintah Antisipasi Lonjakan Harga 11 Komoditas Pangan

Musyaffa' menyebut, ada tiga bakal calon yang menyampaikan visi misi di forum Rapimcab PPP Sidoarjo tersebut. Yakni Bambang Haryo Soekartono (BHS), Kelana Aprilianto dan Bahrul Amig. Namun untuk visi misi Bahrul Amig, disampaikan oleh perwakilannya, karena yang bersangkutan statusnya masih sebagai PNS.

Menurut Musyaffa', PPP tidak mengeluarkan surat tugas untuk calon. Mengingat waktu yang semakin dekat, PPP langsung mengeluarkan surat rekomendasi. Dia menyatakan, rekomendasi PPP untuk Pilkada 2020 tersebut bakal dikeluarkan akhir Juli hingga pertengahan Agustus 2020. 

"Kecuali kalau ada masalah. Antar satu daerah dengan daerah lainnya kan berbeda situasinya. Tergantung juga dengan rekom partai lain. Karena PPP di Sidoarjo satu kursinya," bebernya.

Sementara itu, Kelana Aprilianto menyatakan dirinya mengikuti mekanisme di PPP. Sebab setiap partai tentu mempunyai aturan main. Dia pun berharap PPP bisa bergabung dengan dirinya. 

"Namun keputusan saya kembalikan ke semua pengurus partai, kepada siapa partai akan memberikan rekom," cetus Mas Kelana, panggilan karib Kelana Aprilianto usai paparan visi-misi di Rapimcab PPP Sidoarjo.

Sedangkan Bambang Haryo Soekartono (BHS) menyatakan apresiasinya terhadap Rapimcab PPP Sidoarjo yang telah memberikan kesempatan, termasuk dirinya untuk menyampaikan visi misi sebagai Bacabup Sidoarjo. "Ini termasuk partai yang tertib. Semua kader atau orang yang akan mencalonkan, harus menyampaikan visi misi," ungkap BHS.

Selain Rapimcab, DPC PPP Sidoarjo pada hari yang sama, juga menggelar Musyawarah Cabang Luar Biasa (Muscablub) di Hotel Luminor. Hasilnya, Muscablub menetapkan Zuman Malaka sebagai Ketua terpilih DPC PPP Kabupaten Sidoarjo. Zuman terpilih secara aklamasi. Muscablub ini dihadiri DPW PPP Jatim dan diikuti oleh pengurus DPC dan PAC PPP Kabupaten Sidoarjo. (sta/ian)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 11 Mei 2021 06:09 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Penangkapan Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat mengagetkan banyak pihak. Terutama karena itu terkenal sebagai pengusaha kaya raya. Bahkan mengaku punya 36 perusahaan.Tapi Dahlan Iskan mengaku kaget dan tidak kaget? Kena...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...