Biaya Membengkak, BHS Nilai Anggaran Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tidak Rasional

Biaya Membengkak, BHS Nilai Anggaran Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tidak Rasional Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra, Bambang Haryo Soekartono (BHS). Foto: Dok. Pribadi BHS

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Anggota Dewan Pakar DPP Partai , Bambang Haryo Soekartono (BHS), menilai proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung tidak rasional. Sebab, tersebut mengalami pembengkakan sebesar USD 2 miliar dari USD 6,07 miliar, menjadi USD 8 miliar atau setara dengan Rp114 triliun.

"Ini merupakan pembengkakan biaya fantastis, karena nilai penawaran awal dari China sebesar USD 5,55 miliar. Bila jumlah total biaya 8 miliar USD, maka terjadi kenaikan sekitar 2,5 miliar USD atau terjadi kenaikan 40 persen lebih," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Jumat (15/10).

Seharusnya, kata BHS, pembengkakan biaya ini tidak dibebankan kepada APBN, sesuai perjanjian awal dengan China pada saat pelelangan. Ia pun meminta kepada pihak terkait untuk memeriksa kembali Kereta Cepat Jakarta-Bandung, itu.

"Maka BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) diharapkan mengaudit kereta cepat tersebut," tuturnya.

BHS memaparkan, pembengkakan biaya yang begitu banyak, senilai USD 2 miliar, akan sangat membebani masyarakat, karena investasinya sebagian besar menggunakan uang rakyat, yakni dana APBN.

Menurut dia, masyarakat juga bakal kesulitan untuk mendapatkan tarif murah bila menggunakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Tentu, transportasi ini akan menjadi tidak ekonomis yang akhirnya tidak diminati oleh masyarakat.

"Dengan biaya pembangunan sebesar Rp114 triliun ini, pemerintah mempunyai target bisa menumbuhkan ekonomi yang besar dan menampung banyak jumlah tenaga kerja. Tetapi seharusnya pemerintah bisa melakukan investasi dengan skala prioritas pembangunan yang lebih efektif dan efisien, guna menumbuhkan ekonomi dan menampung tenaga kerja yang jauh lebih besar," paparnya.

Lihat juga video 'Soal Anggaran Menhan untuk Alutsista Rp 1.700 Triliun, Ini Komentar Kiai Asep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO