Jelang Verfak Calon Perseorangan, 1.047 PPS Pilbup Sidoarjo Jalani Rapid Test

Jelang Verfak Calon Perseorangan, 1.047 PPS Pilbup Sidoarjo Jalani Rapid Test PERSIAPAN VERFAK: Sejumlah anggota PPS mengikuti rapid test di RSU Anwar Medika Balongbendo, Sabtu (27/6). foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 1.047 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilbup Sidoarjo 2020 menjalani rapid test di lima rumah sakit (RS) di Sidoarjo, Sabtu (27/6). Ribuan penyelenggara pemilu di tingkat desa ini berasal dari 349 desa dan kelurahan di Sidoarjo. Setiap desa dan kelurahan, masing-masing ada tiga orang PPS.

Rapid test ini untuk memastikan petugas PPS dalam kondisi sehat dan tidak terindikasi terpapar Covid-19 sebelum melakukan verifikasi faktual (verfak) dukungan calon perseorangan.

"Supaya jangan sampai menjadi persoalan bagi penyebaran virus Covid-19," cetus Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo, M Iskak, Sabtu (27/6).

Rapid test terhadap ribuan petugas PPS ini, juga bertujuan memberi rasa aman dan nyaman bagi warga Sidoarjo yang nanti akan dikunjungi PPS dan Panitia Pengawas Pemilu saat melakukan verfak dukungan calon perseorangan. Rapid test bagi PPS ini dijadwalkan selama dua hari, Sabtu (27/6) hingga Minggu (28/6).

Untuk menghindari kerumunan massa, rapid test massal terhadap ribuan petugas PPS ini digelar terpisah di lima RS di Sidoarjo. PPS asal Kecamatan Sidoarjo, Candi, Tanggulangin, Porong, Krembung dan Jabon menjalani rapid test di RSUD Sidoarjo. PPS asal Kecamatan Sukodono, Wonoayu dan Tulangan di-rapid test di RS Arafah Anwar Medika Sukodono.

Sedangkan PPS asal Kecamatan Buduran, Gedangan, Sedati dan Waru menjalani rapid test di RS Mitra Keluarga Waru. Untuk PPS asal Kecamatan Taman dilakukan rapid test di RSI Siti Khodijah Taman. Sementara PPS asal Kecamatan Krian, Tarik, Balongbendo dan Prambon menjalani rapid test di RSU Anwar Medika Balongbendo.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO