Ada ​'Danau' Hijau Eksotik di Jember, Terbentuk dari Bekas Galian Tambang Batu

Ada ​ Bekas galian tambang batu yang kini jadi danau mendadak viral di kalangan pemuda Kalisat, Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Sebuah danau dengan air berwarna hijau yang berada di bekas galian tambang batu piring Dusun Karang Paiton, Desa Gumuksari, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember, mendadak viral. Menurut keterangawan warga sekitar, danau yang tidak jauh dari Stasiun Kotok itu mempunyai luas kurang lebih 140 meter persegi dengan kedalaman sekitar 4 meter.

Danau itu terbentuk dari kubangan bekas tambang yang kemudian menampung air hujan sejak 5 tahun lalu. Sementara kegiatan pertambangan di lokasi tersebut, memang sejak lama ditinggal begitu saja oleh pengelolanya.

Wage Siswanto, salah seorang warga, mengatakan keberadaan danau tersebut mulai dikenal, setelah sejumlah remaja yang berkunjung memposting foto bekas tambang tersebut ke media sosial. Danau tersebut akhirnya viral, dan semakin banyak remaja yang datang untuk memanfaatkannya sebagai obyek swafoto.

"Disebut danau hijau itu, karena sebutan warga saja. Karena kalau dilihat kan seperti airnya hijau. Eksotik juga kalau dilihat. Tapi kalau terbentuknya danau ini, karena dulunya bekas galian tambang batu piring. Tapi sekitar 5 tahunan lalu, dan sekarang jadi danau ini," kata Wage saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (14/6/2020) sore.

"Terbentuklah danau itu, karena menampung air hujan. Tapi tidak hanya dari hujan airnya, di dekat sini juga ada sumber mata air dari gumuk yang mengisi airnya. Kalau musim kemarau airnya lebih sedikit. Tapi kalau hujan semakin banyak airnya, dan kedalaman juga bertambah," ulasnya.

Keberadaan danau hijau itu pun, kata pria yang juga mantan Ketua BPD setempat ini, pernah dimanfaatkan oleh warga untuk kolam pemancingan.

"Dulu diberi bibit lele, buat mancing. Tapi gak tahu lagi sekarang, kayaknya sudah lama tidak ada yang mancing. Terus sekarang dipakai lokasi selfie (swafoto, red) sama anak-anak muda itu, jadi mulai dikenal," ungkapnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO