Pansus Sarankan Gugus Tugas Covid-19 Pasuruan Maksimalkan Fungsi Dinsos

Pansus Sarankan Gugus Tugas Covid-19 Pasuruan Maksimalkan Fungsi Dinsos Anggota Pansus Dr. Kasiman.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Anggota Pansus Covid-19 Dr. Kasiman menyarankan kinerja Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan memaksimalkan peranan Dinas Sosial dalam mengatasi dampak sosial akibat pandemi virus Corona.

Menurut Kasiman, peran dinsos perlu dimaksimalkan supaya penggunaan anggaran penanganan Covid-19 yang sebesar Rp 175 miliar tepat sasaran. "Jadi, kalau terkait bantuan sosial itu tugasnya dinsos, bukan berangkat sendiri-sendiri supaya center pelayanan itu satu pintu," terang Kasiman kepada BANGSAONLINE.com di Kantor DPRD Kabupaten Pasuruan, Jumat (12/6).

Sementara terkait data jumlah warga, Kasiman menyarankan kepada gugus tugas supaya diserahkan kepada Kominfo. "Segala informasi semuanya, baik itu jumlah data warga yang tersalurkan, informasi jumlah warga yang tidak berhak disalurkan, informasi kesehatan, dan lainnya diserahkan kepada Kominfo. Jadi saat pemerintah menyalurkan bantuan, data informasinya tidak simpang siur," katanya.

"Database semuanya itu dikumpulkan di Kominfo supaya terverifikasi. Warga yang dilengkapi NIK tidak bisa diduplikasi. Kalau ada nama sama dan NIK-nya sama, maka data itu tergeser sendiri," kata Anggota Pansus yang juga menjabat Ketua Komisi I ini.

Ia juga meminta Inspektorat bisa memaksimalkan perannya, supaya fungsi kontrol berjalan.

Sementara terkait saran dari Kasiman tersebut, Wakil Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya belum bisa dikonfirmasi. Dihubungi via pesan pendek, ia belum membalas. (afa/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Usai Takziah ke Rumah Korban Covid-19, 22 Warga Pasuruan Terkonfirmasi Positif':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO