Parpol di Gresik Wait and See Tunggu Rekom Bacabup PKB

Parpol di Gresik Wait and See Tunggu Rekom Bacabup PKB Fandi Akhmad Yani (kiri) dan Moh. Qosim (tengah), keduanya kader PKB yang bakal running pada Pilbup Gresik 2020. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sejumlah partai politik (parpol) di Kabupaten Gresik hingga saat ini bersikap wait and see siapa yang bakal direkom DPP PKB untuk diusung pada perhelatan . Sebab hingga saat ini, belum ada titik terang siapa kader yang bakal direkom DPP PKB.

"Jadi benar, saat ini sejumalah parpol di Gresik masih bersifat menunggu. Parpol-parpol masih bersikap wait and see untuk melihat DPP PKB akhirnya menjatuhkan rekom ke kader siapa," ujar Ketua DPD , Ahmad Nurhamim kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (12/6).

Menurut Anha, begitu Ahmad Nurhamim akrab disapa, PKB merupakan parpol penentu dalam kontestasi . Sebab, PKB tanpa melakukan koalisi sudah bisa memberangkatkan pasangan calon bupati dan wakil bupati sendiri pada Pilbup, karena memiliki 13 kursi.

"Jadi PKB secara persyaratan kuota 20 persen sudah lebih dari cukup. Mau berangkatkan pasangan calon sendiri oke, maupun koalisi dengan parpol lain juga oke, " ungkap Wakil Ketua DPRD Gresik ini.

Di tubuh sendiri saat ini ada 2 kader yang siap running menjadi bakal calon bupati (bacabup) pada . Keduanya adalah Ketua sekaligus Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim, dan Ketua DPRD Gresik Fandi Akhmad Yani.

DPC sendiri secara resmi telah mengusulkan duet Moh. Qosim - Asluchul Alif (Ketua Gerindra Gresik) ke DPP PKB untuk diusung pada . Sementara Fandi Akhmad Yani tengah diusulkan sebagai bacabup oleh parpol lain seperti DPD dan DPC PDIP Gresik.

"Sejauh ini, semua masih dalam proses," ujar Ketua DPC PDIP Gresik Mujid Riduan saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com terkait pengusulan nama Fandi Akhmad Yani, Jumat (12/6).

Lanjut Mujid, secara politik segala kemungkinan bisa terjadi, termasuk kesepakatan antar parpol untuk mengusung seorang figur di Pilbup Gresik. "Jadi saat ini tenang saja dulu, masih proses," pungkas Wakil Ketua DPRD Gresik.

Sementara Sekretaris DPC , Imron Rosyadi mengakui rekom DPP PKB untuk pasangan bacabup dan bacawabup belum turun. Namun, ia menegaskan telah mengusulkan duet Qosim-Alif ke DPP yang telah disetujui Desk Pilkada DPP.

"Kami belum bisa cerita soal rekom, karena bukti fisik hingga saat ini belum kami terima," katanya. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO