Sabtu, 11 Juli 2020 00:05

Ketua Komisi VI DPR RI Desak Pemerintah Perhatikan Protokol Kesehatan di Pesantren Jelang New Normal

Jumat, 29 Mei 2020 15:22 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Sugianto
Ketua Komisi VI DPR RI Desak Pemerintah Perhatikan Protokol Kesehatan di Pesantren Jelang New Normal
Legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Faisol Riza.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Faisol Riza meminta agar pemerintah memperhatikan pesantren di masa penerapan kebijakan tatanan hidup New Normal (Kelaziman Baru) di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu, dimaksudkan agar pemerintah memperhatikan keselamatan para santri, ustaz, dan kiai yang ada di lembaga pendidikan pesantren. Sebab, pesantren merupakan tonggak penjuru Nusantara yang tidak bisa ditinggalkan dari Bumi Pertiwi ini.

"Pesantren merupakan komunitas besar, sehingga wajarlah kalau pemerintah harus memberikan prioritas lebih dalam pencegahan dan penanganan untuk menghadapi New Normal ini," ujar Ketua Komisi VI DPR RI ini, Jumat (28/5/2020).

Faisol Riza mengatakan, pesantren yang merupakan komunitas besar dan santrinya dari berbagai penjuru pelosok bumi harus diberi prioritas lebih.

"Semisal, melakukan rapid test kepada para santri di pesantren untuk menuju New Normal ini," ujar Alumnus Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo itu.

Sebab saat ini, Riza mengaku pihaknya mendapat keluhan dari para kiai serta berbagai wali santri di Dapil Jatim II yaitu Pasuruan-Probolinggo agar pondok pesantren (ponpes) untuk diaktifkan kembali seperti semula.

"Saat ini muncul desakan dari para wali santri kepada pengasuh ponpes untuk segera membuka kembali pondok, sehingga aktivitas belajar mengajar bisa kembali dilakukan. Desakan ini harus disikapi dengan serius di mana pemerintah harus memberikan langkah konkret untuk menjamin para santri bisa kembali belajar," katanya.

Dia mencontohkan, di Dapil Jatim II banyak pesantren besar, seperti di Probolinggo ada Ponpes Nurul Jadid Paiton, Ponpes Zainul Hasan Genggong, Ponpes Riyadlus Sholihin Ketapang, Ponpes Syekh Abdul Qodir Jaelani Kraksaan, dan lainnya.

Selain itu, di Pasuruan juga terdapat banyak ponpes, seperti Ponpes Salafiyah, Ponpes Sidogiri, Ponpes Darut Taqwa Ngalah, Ponpes Darullughah Wadda’wah, dan pondok pesantren lainnya.

"Nah, banyak sarana di pesantren yang kondisinya seadanya. Di sini pemerintah bisa melakukan edukasi, sehingga berbagai sarana pesantren mulai dari kamar mandi, tempat wudu, kamar santri, hingga masjid bisa memenuhi protokol kesehatan Covid-19," imbuhnya.

Menurutnya, beberapa waktu lalu pihaknya sudah menggelontorkan ribuan APD berupa masker dan hand sanitizer serta melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah lembaga pendidikan pesantren.

"Oleh karena itu, saatnya sekarang ini pemerintah memberikan perhatian khusus pada pesantren yang ada di Bumi Pertiwi ini," pungkasnya. (prb1/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...