SIM Anda Mati? Tak Perlu Urus Baru, Satlantas Polresta Sidoarjo Beri Dispensasi

SIM Anda Mati? Tak Perlu Urus Baru, Satlantas Polresta Sidoarjo Beri Dispensasi

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemilik (Surat Izin Mengemudi) yang masa berlakunya habis tak perlu khawatir. Sebab, Satlantas memberikan kelonggaran. Warga tetap bisa mengajukan perpanjangan. Tak perlu mengurus baru.

Bentuk kelonggaran itu berupa dispensasi. Bagi warga yang -nya kedaluwarsa, tetap bisa mengajukan perpanjangan. Asalkan memenuhi ketentuan.

Kasatlantas Kompol Eko Iskandar menjelaskan, ada kriteria penerima dispensasi. Yaitu, pemilik yang masa berlakunya habis mulai rentang 17 Maret hingga 29 Juni 2020. "Pemilik bisa mengajukan perpanjangan," ucapnya.

Eko mengatakan, kemudahan itu diberikan lantaran ada pandemi Corona. Sebab, banyak warga yang enggan meninggalkan rumah. Khawatir terpapar Covid-19. "Kami berupaya memberikan pelayanan pada warga," tuturnya.

Selain memenuhi kriteria, pemilik yang mengajukan perpanjangan harus melengkapi persyaratan. Di antaranya membawa asli, fotokopi , mengisi formulir, membawa surat keterangan sehat dari dokter atau puskesmas. Selain itu mengikuti tes psikologi.

Nah, bagi warga yang terpapar Corona, (ODP, PDP, dan terkonfirmasi) tetap bisa mengajukan perpanjangan. Namun, tetap harus mempertimbangkan kondisi tubuh. Jika sudah dinyatakan sembuh, warga diperbolehkan melakukan pengurusan.

Untuk membuktikan warga sudah dinyatakan sembuh, ada satu ketentuan yang harus dilengkapi. Yaitu warga harus mendapatkan surat keterangan dari dokter. "Kalau ada Surat dokter kami layani," ucapnya.

Sementara itu, Kapolresta Sidoarjo Kombespol Sumardji mengatakan, pengurusan tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Warga diminta memakai masker dan mencuci tangan. "Kami batasi jumlah pengurus satu hari maksimal 200 orang," jelasnya.

Dengan kebijakan itu, Sumardji berharap warga tidak terburu-buru melakukan pengurusan dan perpanjangan . Pria asal Nganjuk itu menuturkan kesehatan warga merupakan hal yang terpenting. "Tidak perlu dipaksakan," ucap mantan Kanit Regident Polda Metro Jaya itu.

Dia menambahkan, peran RT dan RW juga dibutuhkan. Tujuannya mengurangi risiko penularan covid-19 dalam pengajuan perpanjangan sim. Teknisnya, bagi warga yang hendak mengurus , harus meminta surat keterangan RT RW. Petugas harus memastikan kondisi warga tersebut. "Kalau terpapar Corona jangan diberi surat jalan," pungkasnya. (cat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO