Rabu, 30 September 2020 15:02

Rawan Diselewengkan, FJTB Bojonegoro Buka Pengaduan Bantuan Covid-19

Kamis, 28 Mei 2020 08:51 WIB
Editor: .
Wartawan: Eky Nurhadi
Rawan Diselewengkan, FJTB Bojonegoro Buka Pengaduan Bantuan Covid-19

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Berbagai jenis bantuan selama masa pandemi Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 terus digelontor, baik berupa program, paket sembako, maupun berbentuk uang tunai. Selain dari pemerintah pusat, bantuan ini juga datang dari pemerintah provinsi, kabupaten kota, hingga dari pemerintah desa atupun kelurahan.

Namun, karena minimnya pengawasan, sehingga bantuan ini banyak ditemukan kejanggalan dan penyelewengan. Mulai dari pungutan, penyunatan, hingga tidak tepat sasaran. Bahkan, sampai hari ini masih meninggalkan sejumlah polemik dan keresahan di masyarakat.

Menyikapi kejadian tersebut, Forum Jurnalis Televisi Bojonegoro (FJTB) memandang perlu adanya pengawasan dari berbagai elemen. Sehingga, bantuan yang bersumber dari uang rakyat tersebut bisa tersalurkan dengan tepat dan bisa dinikmati oleh rakyat.

FJTB, organisasi pers yang anggotanya khusus wartawan televisi (lokal, regional, dan nasional) ini selanjutnya mendirikan posko pengaduan bantuan Covid-19. Harapannya, dengan adanya posko ini, potensi terjadinya penyelewengan bantuan selama masa pandemi bisa diminimalisir.

Ketua FJTB sekaligus koordinator pengaduan bantuan Covid-19, Bambang Yulianto mengatakan, posko pengaduan ini bisa memberikan ruang kepada publik. Warga yang menemukan adanya penyalahgunaan maupun bentuk-bentuk penyelewengan bantuan Covid-19 lainnya di masyarakat.

Menurut Eeng, sapaan Bambang Yulianto, posko pengaduan ini merupakan bentuk kepedulian FJTB terhadap banyaknya oknum begal yang tega merampok hak rakyat. Terutama selama berlangsung masa pendemi Covid-19 ini. Eeng meminta masyarakat tidak perlu khawatir atau takut untuk melapor.

"Ada beberapa kriteria yang nantinya dapat ditindaklanjuti dari jenis pengaduan masyarakat tersebut. Mulai dari sekadar konsultasi tentang jenis bantuan Covid-19, pemberitaan, hingga pendampingan hukum," ungkap bambang.

Masyarakat bisa mengadukan apa yang terjadi di tengah masyarakat terkait bantuan Covid-19 melalui email pengaduanbantuancovid19@gmail.com atau melalui WhatsApp 0881026895127.

Pihaknya berharap masyarakat berani melaporkan kejadian yang di rasa ada kejanggalan dalam pemberian bantuan Covid-19 ini. Ia juga berharap virus Covid-19 segera reda, sehingga masyarakat bisa kembali hidup normal seperti sebelumnya.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...