Ikuti Rapat Virtual dengan PSSI, ​Persik Kediri Usulkan Penghentian Total Liga

Ikuti Rapat Virtual dengan PSSI, ​Persik Kediri Usulkan Penghentian Total Liga Pemain Persik saat berlatih. foto: ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Hari ini baru saja mengikuti rapat virtual dengan PSSI. Rapat yang juga diikuti klub dan perwakilan PT Liga Indonesia Baru (LIB) itu membicarakan soal kelanjutan kompetisi musim 2020. 

Dalam rapat itu, Presiden Klub Persik Abdul Hakim Bafagih mengusulkan penghentian liga secara total dan menggantinya dengan turnamen non resmi.

“Kalau memang terpaksa dilanjutkan, kami usulkan ada turnamen yang digelar di bulan November sampai Desember (2020),” kata Hakim, Rabu (27/5).

Tapi, Hakim memberikan banyak masukan jika turnamen tersebut jadi diselenggarakan. Yang pertama, Persik menginginkan jumlah pertandingan setiap klub harus merata. “Jangan sampai seperti Piala Presiden sebelumnya yang tidak rata,” ungkapnya.

Kedua, yang tidak kalah penting adalah soal siapa yang berhak menjadi operator turnamen. Hakim menilai, PT LIB sebagai operator sedang tidak baik kondisi keuangannya. Itu terlihat saat rapat umum pemegang saham (RUPS) pada 18 Mei lalu.

Karenanya, Hakim menyarankan perlu mencari operator yang benar-benar siap dengan format turnamen. Mereka harus memberikan penyangga untuk klub-klub yang mengikutinya. “Karena kalau ada pertandingan, ada hak yang diberikan kepada pelatih, pemain dan ofisial,” ujarnya.

Sementara jika mengandalkan anggaran pemerintah pusat, menurut Hakim, itu sangat berat di tahun ini. Di masa pandemi Covid-19, ada penyesuaian anggaran di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Dari Rp 1,7 triliun, sekitar Rp 564 miliar (33%) dikembalikan ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Dan dari sisa Rp 1,173 triliun, sebesar Rp 87,5 miliar untuk refocusing penanganan pandemi Covid-19. 

Lihat juga video 'Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO