Sabtu, 31 Juli 2021 02:54

MUI Jember Desak Pemkab Buka Data Sebaran Covid-19 Hingga Tingkat Desa

Selasa, 19 Mei 2020 17:01 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Indrawan
MUI Jember Desak Pemkab Buka Data Sebaran Covid-19 Hingga Tingkat Desa
Ilustrasi. (freepik).

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Menimbang dari Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 28 Tahun 2020 perihal pelaksanaan Salat Idulfitri di tengah wabah Covid-19, MUI Jember mendesak Pemkab Jember agar membuka data sebaran Covid-19 hingga tingkat desa. Hal itu dilakukan, dengan tujuan sebagai bahan pertimbangan, dapat tidaknya digelar salat Idulfitri secara berjamaah di masjid, musala, atau lapangan.

Kondisi saat ini di Kabupaten Jember, data penyebaran Covid-19 yang dipublikasikan hanya pada tingkat kabupaten dan kecamatan. Hal itu, dinilai oleh Ketua MUI Jember, Prof. Dr. KH. Abdul Halim Soebahar mempersulit tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk memutuskan apakah dapat melaksanakan salat Idulfitri berjamaah atau tidak.

"Kita perlu mawas diri dengan Covid-19 yang terlihat menyebar di Jember dan yang tidak kelihatan, sehingga perlu di tingkat desa itu (data jelas penyebaran Covid-19) ini, agar nantinya tokoh agama ataupun tokoh masyarakat dapat membaca penyebaran Covid-19 terkendali atau tidak," ujar Halim, Selasa (19/5/2020).

Menurutnya, dengan mengetahui data sebaran pasti hingga tingkat desa ini, akan menjadi pertimbangan terkait pelaksanaan salat Idulfitri itu sendiri. Apakah nantinya bisa dilaksanakan secara berjamaah atau cukup di rumah saja.

BACA JUGA : 

Bupati Hendy: Bertugas di Tengah Pandemi Covid-19 adalah Panggilan Kemanusiaan

Jember Raih Peringkat Madya di Ajang Penghargaan Kabupaten Layak Anak 2021

7 Pegawai Terkonfirmasi Positif Covid-19, Kantor PN Jember Lockdown

Pasca-insiden Pengambilan Paksa Jenazah Pasien Covid-19 di Silo, Warga yang Terlibat Akan Di-tracing

"Jika kita tahu situasinya, jika penyebaran Covid-19 ini tidak terkendali (bisa diambil pertimbangan), masyarakat untuk tidak perlu memaksakan diri melaksanakan salat Idulfitri berjamaah di lapangan, masjid, ataupun musala. Tapi di rumah saja," katanya.

"Meskipun sebaliknya, jika penyebaran Covid-19 terkendali. Maka kita juga perlu ikhtiar, untuk menjaga keselamatan diri sendiri, juga orang lain," imbuhnya.

Dosen IAIN Jember ini, juga mengingatkan agar masyarakat Kota Tembakau ini juga mengikuti protokol kesehatan dengan baik dan benar.

"Misal dengan membawa sajadah sendiri, pakai masker, cuci tangan dengan sabun, dan menggunakan hand sanitizer. Ini wajib, karena ini bentuk ikhtiar itu untuk menjaga keselamatan diri," tandasnya.

Lebih jauh Halim menyampaikan, untuk tradisi halalbihalal atau saling bersalam-salaman setelah salat Idulfitri, sementara dihindari terlebih dahulu.

"Memang situasi ini seakan ada yang kurang dan kurang lengkap saat perayaan Idulfitri. Tapi dihindari dulu untuk sama-sama menjaga kesehatan," pungkasnya. (ata/yud/zar)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...