Minggu, 12 Juli 2020 12:40

Petani Desa Turi Rejo Gresik Demo Proyek Tol KLBM

Jumat, 15 Mei 2020 13:09 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Syuhud
Petani Desa Turi Rejo Gresik Demo Proyek Tol KLBM
Warga Desa Turi Rejo, Kecamatan Kedamean, ketika menggelar demo di proyek jalan tol KLBM yang melintas di desa setempat. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Puluhan masyarakat petani di Desa Turirejo Kecamatan Kedamaian menggelar aksi demo di Rest Area Jalan Tol (Krian, Legundi, Bunder, dan Manyar) yang berada di wilayah desa mereka, Jumat (15/5).

Demo ini sebagai bentuk protes terhadap proyek tol KLBM. Sebab, pasca adanya proyek tersebut, mereka tak bisa bercocok tanam dengan baik. Saat musim hujan, area persawahan mereka kebanjiran. Sedangkan saat tiba musim kemarau seperti saat ini, mereka kesulitan air lantaran saluran air irigasi terputus dampak proyek tol.

Para petani menuntut pihak tol KLBM mengembalikan saluran drainase seperti semula, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengairi sawah mereka.

"Kami para petani tak bisa menggarap sawah lagi sejak adanya pembangunan tol KLBM," ungkap Arif, Wakil Ketua Badan Permusyawatan Desa (BPD) Desa Turirejo.

Ia berharap, pelaksana proyek tol KLBM mempedulikan tuntutan masyarakat petani Desa Turirejo. Yakni, dengan membuatkan jalan usaha tani dan mengembalikan saluran drainase seperti semula.

Hal yang sama disampaikan Kasbun, salah satu tokoh masyarakat Desa Turirejo. "Kami mohon kesadaran pihak pelaksana proyek tol KLBM untuk memenuhi tuntutan warga kami. Sejak area sawah mereka tak bisa tergarap dengan baik pasca adanya proyek jalan tol KLBM, penghasilan petani jadi terganggu," tukasnya.

Sementara pihak pelaksana proyek jalan tol KLBM belum memberikan klarifikasi terkait demo warga Desa Turirejo Kecamatan Kedamean. (hud/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...