Minggu, 27 September 2020 19:56

Lagi, 82 Pedagang di Bojonegoro Reaktif Covid-19 Hasil Rapid Test di Pasar Banjarejo dan Dander

Sabtu, 09 Mei 2020 18:46 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Eky Nurhadi
Lagi, 82 Pedagang di Bojonegoro Reaktif Covid-19 Hasil Rapid Test di Pasar Banjarejo dan Dander
Pelaksanaan rapid test di Pasar Banjarejo, Bojonegoro.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Setelah melakukan pemeriksaan kesehatan (rapid test) di Pasar Kota Bojonegoro, Tim Gugus Tugas Covid-19 kembali gerak cepat melakukan rapid test terhadap ratusan pedagang sayur dan pedagang rengkek.

Kali ini, rapid test dilakukan di dua pasar besar, yakni Pasar Banjarejo Kelurahan Banjarejo, dan Pasar Dander Kecamatan Dander. Rapid test dilakukan pada Sabtu (9/5/20) dini hari.

Humas Gugus Tugas Covid-19 Bojonegoro Masirin menjelaskan, dalam rapid test di Pasar Banjarejo ini banyak pedagang yang menghindar dan enggan diperiksa. Sehingga, petugas gabungan hanya berhasil memeriksa 99 orang pedagang saja.

"Dari 99 orang, 25 orang reaktif. 19 orang warga Bojonegoro dan 6 orang pedagang merupakan warga Tuban," jelas Masirin.

Sedangkan pemeriksaan di Pasar Dander, petugas berhasil memeriksa banyak pedagang, yakni 201 orang. Dari jumlah itu, terdeteksi reaktif sebanyak 57 orang. Sehingga jika dijumlah secara keseluruhan, rapid test di dua pasar tradisional tersebut jumlah reaktif sebanyak 82 orang.

"Mereka yang reaktif kita lakukan isolasi. Untuk pasar kita lakukan penutupan sementara guna dilakukan penyemprotan dan penataan lapak dengan menjaga jarak antar pedagang," ungkapnya.

Sekda Bojonegoro Nurul Azizah mengapresiasi antusias para pedagang yang ikut melakukan rapid test, dan diambil sampel darahnya untuk dideteksi. Kata dia, rapid test akan berkelanjutan sesuai jadwal dari Dinas Kesehatan.

"Pasar merupakan klaster yang rentan terhadap penyebaran virus, maka dinkes melakukan rapid test di pasar. Semoga virusnya segera reda dengan tetap memperhatikan physical distancing dan social distancing, serta pola hidup sehat dan bersih," ujar Nurul Azizah.

Dalam kegiatan rapid test itu dikawal ketat 20 anggota Polres Bojonegoro. Selain itu juga dibantu Satpol PP, Dishub, BPBD dan Dinas Kesehatan Bojonegoro. Tampak hadir juga Plt. Kepala Dinas Kesehatan dr. Ani Pujiningrum ikut memantau rapid test. (nur/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Minggu, 27 September 2020 12:13 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...