Selasa, 01 Desember 2020 09:32

​Tafsir Al-Quran Aktual Diasuh Mufassir Tebuireng, Sajian Ramadan BANGSAONLINE.COM

Minggu, 03 Mei 2020 09:08 WIB
Editor: MA
​Tafsir Al-Quran Aktual Diasuh Mufassir Tebuireng, Sajian Ramadan BANGSAONLINE.COM
Dr. KH. Ahmad Mustain Syafii. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bangsa Group, korporasi media yang dipimpin Muhammad Mas’ud Adnan, M.Si terus mengembangkan konten religius, terutama pada bulan Ramadan. “Ya, kita tabarrukan (ngalap berkah) pada bulan suci dan penuh berkah Ramadan. Kita perbanyak konten agama Islam agar menjadi cahaya bagi kehidupan bangsa, teruma umat Islam di Indonesia maupun di negara lain. Apalagi sekarang kita banyak berada di rumah, di tengah-tengah keluarga, sehingga bisa menyimak dan belajar Islam lebih tenang dan leluasa,” kata M Mas’ud Adnan, Ahad pagi (3/5/2020).

Di antara konten religius itu adalah Tafsir Al-Quran Aktual yang diasuh Dr. KH. Ahmad Mustain Syafii, M.Ag, ahli tafsir sekaligus hafidz (hafal al-Quran 30 juz) dari Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang Jawa Timur. Tafsir Al-Quran Aktual itu bisa dinikmati di BANGSAONLINE.com tiap hari, di samping di HARIAN BANGSA.

“Pak Kiai Mustain Syafii itu sangat alim, hafal al-Quran dan piawai menulis. Sulit menemukan seorang ulama yang bisa menulis tafsir tiap hari untuk media,” kata Mas’ud Adnan yang alumnus Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair) dan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi-Almamater Wartawan Surabaya (Stikosa-AWS) Surabaya itu.

Kiai Mustain Syafii adalah Mudir Pesantren Madrasatul Quran Tebuireng Jombang. Kiai Mustain Syafii juga merupakan kiai senior di Pesantren Tebuireng. Yakni pesantren yang didirikan Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy’ari, kakek Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

“Berguru dan mengaji kepada Kiai Mustain sangat tepat, terutama di era teknologi digital seperti sekarang. Sebab selain sanad keilmuannya jelas, Kiai Mustain adalah ulama yang benar-benar alim, menguasai kitab-kitab Islam klasik dan kontemporer atau kekinian. Apalagi dalam tulisan beliau, ayat demi ayat al-Quran itu selalu diberi contoh atau dikaitkan dengan masalah aktual sekarang. Karena itu, kita beri nama Tafsir Al-Quran Aktual, ” kata Mas’ud Adnan.

Menurut Mas’ud Adnan, sejatinya Kiai Mustain Syafii menulis Tafsir Al-Quran Aktual itu sudah hampir 20 tahun. Yaitu sejak tahun 2000. Tapi Tafsir Al-Quran Aktual itu selama ini dimuat secara bersambung di HARIAN BANGSA, media induk Bangsa Group.

“Dengan adanya teknologi informasi dan digital, kita perluas jangkauan pembacanya agar ilmu Kiai Mustain Syafii bisa lebih banyak dinikmati masyarakat seluruh Indonesia bahkan dunia. Insyaallah lebih barakah,” kata Mas’ud Adnan yang alumnus Pesantren Tebuireng.

Mas’ud Adnan mengaku sangat senang jika rakyat Indonesia bisa secara istiqamah mengaji tafsir al-Quran tiap hari. “Kita berharap semoga bangsa Indonesia benar-benar jadi bangsa yang religius, sehingga negara kita aman, tenang, tenteram, dan gemah ripah loh jinawi. Apalagi Kiai Mustain Syafii secara keilmuan sangat kredibel. Begitu juga secara integritas moral, tak ada yang meragukan karena beliau ulama yang benar-benar ulama, yaitu tumbuh dari seorang santri yang sejak kecil fokus belajar dan menekuni ilmu agama di pesantren. Sehingga beliau menjadi ulama yang menguasai ilmu secara konprehensif. Apalagi bahasa Arabnya sangat fashih,” kata Mas’ud Adnan.

Mas’ud Adnan mengingatkan agar masyarakat tak salah pilih guru dalam belajar agama. Sebab pada era digital dan media sosial ini marak kajian agama, tapi secara keilmuan referensinya tak jelas. Apalagi secara sanad atau silsilah keilmuannya. “Mari kita belajar agama kepada ahlinya, kepada ulama yang benar ulama,” ajaknya. Nah, silakan klik bangsaonline.com tiap hari. (tim) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Sabtu, 28 November 2020 15:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...