Rabu, 30 September 2020 15:11

​Komplotan Pencuri Spesialis Toko Retail Modern di Jember Dibekuk Polisi, Satu DPO

Kamis, 30 April 2020 20:39 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muhammad Hatta
​Komplotan Pencuri Spesialis Toko Retail Modern di Jember Dibekuk Polisi, Satu DPO
Kasatreskrim Polres Jember AKP Frans Kembaren saat rilis di Mapolres Jember, Kamis (30/4/2020).

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Komplotan pencuri spesialis toko retail modern berhasil dibekuk polisi, saat melakukan aksinya di sekitaran Desa Tanggul Kulon, Kecamatan Tanggul, Rabu (28/4/2020) kemarin. Kelompok kejahatan berjumlah 4 orang ini ketahuan polisi saat sedang patroli keamanan Covid-19.

Ketiga tersangka itu di antaranya Suhardi, Firdausi, dan M. Irvan. Sementara satu orang tersangka lainnya Imron, masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) karena berhasil kabur dari kejaran polisi.

"Kami mengamankan 3 tersangka dari komplotan pencuri swalayan, yakni pria berinisial S-H (Suhardi), F (Firdausi), dan M-I (M. Irvan). Sedangkan satu orang rekannya, yakni I (Imron) ditetapkan sebagai DPO. Para tersangka sudah melakukan pencurian di 7 TKP berbeda. Targetnya yakni toko waralaba Indomaret dan Alfamart," kata Kasatreskrim Polres Jember AKP Frans Kembaren saat rilis di Mapolres Jember, Kamis (30/4/2020).

Dalam melakukan aksinya, komplotan pencuri ini sudah berbagi tugas dan mereka masuk dalam toko dengan cara merusak atap plafon toko, lalu mematikan CCTV.

"Kemudian, mereka menyasar barang-barang seperti rokok, kosmetik, dan pakaian dalam untuk dijual kembali dengan harga di bawah harga pasar," katanya.

Mereka ditangkap saat ada patroli keamanan kamtibmas terkait Covid-19. Saat digerebek, 3 orang berhasil ditangkap, dan 1 lainnya berhasil kabur, dan kini jadi DPO.

"Kerugian materi diperkirakan hampir mencapai Rp 300 juta. Atas perbuatannya, tiga tersangka tersebut dijerat dengan Pasal 363 Ayat (1) ke 4, 5 KUHP dengan pidana maksimal tujuh tahun penjara," pungkasnya.

Selain meringkus spesialis pencurian toko retail modern, Polres Jember juga berhasil mengamankan satu orang DPO pencurian pikap bernama Hendrik Putra (25) warga Dusun Kresek, Desa/Kecamatan Ajung.

"Ini kasus yang tersangkanya meninggal dulu dan nekat tabrak barikade polisi saat akan ditangkap," kata Kasatreskrim Polres Jember AKP Frans Kembaren saat rilis di Mapolres, Kamis (30/4/2020).

Tersangka ini melakukan aksinya pada Sabtu (18/4/2020) lalu, di Dusun Pondoklalang, Desa Jenggawah, Kecamatan Jenggawah. Saat dilakukan penyidikan lebih lanjut ternyata komplotan ini tidak hanya melakukan pencurian mobil, tapi juga beberapa kali melakukan pencurian hewan.

Frans juga menuturkan, masih ada 3 DPO lain dari komplotan spesialis pencurian mobil dan hewan yang masih dikejar.

"Untuk tersangka H sudah diamankan di Mapolres Jember dan sedang dilakukan penyidikan lebih lanjut guna pengembangan kasus. Tersangka terancam terjerat pasal 363 Ayat (1), (2) KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara," pungkasnya. (ata/yud)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...