Urai Kemacetan, Jembatan Pagerwojo Sidoarjo Dioperasikan

Urai Kemacetan, Jembatan Pagerwojo Sidoarjo Dioperasikan SIMBOLIS – Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah memecah kendi saat peresmian Jembatan Pagerwojo, di kawasan Jalan Lingkar Barat, Jumat (2/1/2015). foto: nanang ichwan/BangsaOnline

SIDOARJO (BangsaOnline) – Potensi kemacetan lalu lintas di kawasan Lingkar Barat Sidoarjo bakal segera berkurang. Ini setelah dioperasikannya jembatan Pagerwojo Buduran di kawasan tersebut. Proyek jembatan senilai Rp 3, 8 miliar itu mulai bisa dipakai setelah diresmikan oleh , Jumat (2/1/2014).

Jembatan Pagerwojo ini, memiliki dua jalur dengan panjang 17 meter dan Lebar 10 meter. “Pembangunan jembatan ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas, khususnya di kawasan Lingkar Barat Sidoarjo ini. Jembatan kan bertambah lebar karena sekarang ada dua lajur, ” cetus Bupati Saiful.

Saat meresmikan jembatan ini, Bupati Saiful didampingi Wakil Bupati Sidoarjo HMG Hadi Sutjipto, Sekkab Vino Rudi Muntiawan dan Ketua DPRD Sidoarjo H Sulamul Hadi Nurmawan. Sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) juga hadir, diantaranya Kepala DPU Bina Marga Sigit Setyawan dan Kepala DPU Cipta Karya Agoes Budi Tjahjono

Bupati Saiful meresmikan jembatan tersebut dengan menggunting pita dan memecahkan kendi berisi air bunga. Bupati Saiful juga melakukan uji coba dengan meminta para pengguna jalan melewati jembatan tersebut. “Setelah jembatan ini, akan dilakukan pelebaran jalan Pagerwojo. Tahap awal, nanti akan dilakukan pembebasan lahan,” imbuh politisi PKB Sidoarjo ini.

Kepala DPU Bina Marga Sidoarjo Sigit Setyawan menambahkan, pembangunan jembatan Pagerwojo dikerjakan secara bertahap. “Pada tahun 2013 dengan anggaran Rp 1,8 Milyar dan pada tahun 2014 dengan anggaran Rp 2 Milyar," jelas Sigit. Dia menyatakan, jembatan dalam waktu satu dua hari mendatang akan dipasangi rambu lalu lintas.

Selain jembatan Pagerwojo, Sigit menyatakan, ada sejumlah jembatan yang dioperasikan pada awal tahun 2015 ini. Jembatan itu, Jembatan Wonocolo di Kecamatan Taman, jembatan Gisik Cemandi di Kecamatan Sedati, Jembatan Tulangan di Kecamatan Tulangan dan Jembatan Kedung Cangkring di Kecamatan Jabon.

Jembatan-jembatan tersebut dibangun dengan dana APBD 2013 dan 2014. Selain jembatan tersebut, ada satu jembatan lagi, yakni jembatan Bakung Pringgodani di Kecamatan Balongbendo, yang dibangun dengan dana APBD 2013. “Kami berharap jembatan-jembatan itu melancarkan arus lalu lintas di kawasan jalan dekat jembatan,” harap Sigit Setyawan.

Sumber: musta'in

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO