Sabtu, 31 Juli 2021 02:19

Beredar Informasi Aksi Begal hingga Tangan Korban Putus, Kapolresta Sidoarjo Pastikan Hoax

Sabtu, 18 April 2020 02:39 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Beredar Informasi Aksi Begal hingga Tangan Korban Putus, Kapolresta Sidoarjo Pastikan Hoax
Foto seorang bapak yang duduk dengan tangan terputus ini sudah pernah beredar di medsos pada Agustus 2019 lalu. Peristiwanya terjadi luar Jawa, bukan korban begal di Mpu Tantular Kecamatan Buduran.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Beredar postingan di media sosial dan pesan berantai, jika terjadi aksi begal yang mengakibatkan putusnya telapak tangan seorang pria di kawasan Lingkar Barat, dekat Musem Mpu Tantular, Sidoarjo, Jumat (17/4/2020) malam.

Namun, informasi tersebut tidak benar alias hoax. Hal ini dipastikan oleh Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji. Ia menegaskan tidak laporan dari personelnya terkait adanya aksi begal di kawasan Lingkar Barat dekat Museum Mpu Tantular.

“Personel kami setiap hari terus patroli di wilayah Lingkar Barat dekat Museum Mpu Tantular. Bahkan, hari ini juga mereka masih patroli. Saya juga telah menginstruksikan untuk melakukan tindakan tegas dan terukur jika ada pelaku kriminal yang meresahkan masyarakat,” tegas Sumardji, Jumat (17/4/2020) malam.

Lebih lanjut, Tim Cyber Patrol Polresta Sidoarjo menurutnya juga telah menelusuri asal postingan yang beredar.

BACA JUGA : 

Sebulan, ​Satresnarkoba Polresta Sidoarjo Berhasil Amankan 36 Tersangka dari 27 Kasus Narkoba

Meresahkan Masyarakat, 1 Begal Sadis di Sidoarjo Berhasil Ditangkap, 3 Buron

Video Penganiayaan Ayah Terhadap Anaknya Sendiri Gegerkan Sidoarjo, Pelaku Diduga Warga Ngaban

Tak Terima Badan Disenggol, Emosi, Pembeli Pulsa di Sidoarjo Disabet Pedang

“Hasilnya, informasi terkait adanya aksi begal hingga mengakibatkan putusnya telapak tangan seorang pria di Lingkar Barat dekat Museum Mpu Tantular kecamatan Buduran Sidoarjo adalah berita hoax,” konfirmasinya.

Ia menjelaskan, foto pada postingan tersebut sudah pernah beredar di media sosial pertengahan Agustus 2019, dan lokasinya adalah di luar Jawa. Sebab ini adalah informasi hoax yang meresahkan masyarakat, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji mengimbau agar masyarakat lebih bijak lagi dalam menerima informasi.

“Jangan asal share informasi yang belum jelas sumbernya. Dalam menerima atau menyebarkan informasi apapun, mari kita lebih berhati-hati dan lebih bijak. Jangan sampai menyebar berita hoax dan ujaran kebencian di media sosial atau media apapun. Karena penyebaran berita hoax akan dikenakan sanksi tegas sesuai UU ITE,” tambahnya.

Melalui kesempatan ini pula, ia meminta agar penyebar informasi berita hoax aksi begal tersebut untuk segera melakukan klarifikasi kepada masyarakat. "Atau pihak polisi segera melakukan penangkapan, dan dikenai sanksi tegas," pungkas Sumardji. (cat/rev)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...