Warga Resah, Masih Banyak Orang Touring ke Kota Batu saat Pandemi Covid-19

Warga Resah, Masih Banyak Orang Touring ke Kota Batu saat Pandemi Covid-19 Aprizal Willy Budi, Warga Pesanggrahan, Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Masih banyaknya warga luar yang melakukan touring ke wilayah pada hari Sabtu dan Minggu melalui jalur Dusun Cangar, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, mendapat perhatian serius warga setempat.

Jika hal itu tidak dicegah, mereka khawatir menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Pasalnya, pemerintah saat ini tengah berupaya mengantisipasi masuknya warga luar ke , terutama dari daerah yang masuk transmisi lokal penyebaran .

"Ya, di masih banyak orang dari luar kota yang melakukan touring melalui jalur Cangar. Mereka menggunakan sepeda motor dengan plat W, L, dan S. Ini sangat mengkhawatirkan di tengah pandemi ," ujar Aprizal Willy Budi K, salah seorang warga Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, , Jumat (17/4).

Menurutnya, kegiatan touring melalui Cangar tersebut dilakukan tidak hanya pada hari Sabtu dan Minggu. Pada hari biasa pun juga ada. Lebih-lebih di sepanjang jalan menuju Cangar, masih banyak berdiri warung kopi (warkop) dan dijadikan tempat nongkrong orang-orang yang touring tersebut.

"Saya berharap Pemkot Batu dalam hal ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan memperhatikan hal ini. Paling tidak, jalur masuk ke yang dijaga jangan hanya di wilayah Pendem, Junrejo, dan di wilayah Songgokerto saja, namun untuk pintu masuk dari wilayah Mojokerto di Cangar juga perlu didirikan pos jaga," ungkap Aprizal.

Hal itu bertujuan tidak hanya untuk mengantisipasi penyebaran melalui warga luar , tetapi juga mengantisipasi tindak kejahatan yang belakangan ini meresahkan warga pasca bebasnya sejumlah narapidana.

"Kami berharap, upaya memperketat keamanan di perbatasan kota hingga perbatasan desa ini agar orang luar yang tidak berkepentingan tidak bisa masuk ke . Selain itu, perlu juga memperketat keamanan di lingkungan warga. Jangan sampai ada kejadian pembegalan motor dan pencurian motor dengan memanfaatkan momen pandemi ini," terangnya sembari menambahkan, saat ini napi yang telah dibebaskan lebih kurang 195 orang tersebar di Kabupaten Malang dan . (asa/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO