Rabu, 08 Juli 2020 08:44

Banjir Luapan Kali Lamong dan Bengawan Solo di Gresik Makin Parah

Senin, 13 April 2020 17:01 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Banjir Luapan Kali Lamong dan Bengawan Solo di Gresik Makin Parah
Sejumlah jalan desa tampak terendam banjir akibat meluapnya Kali Lamong dan Bengawan Solo. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Banjir dampak luapan Kali Lamong dan Sungai Bengawan Solo di Kabupaten Gresik kian parah, Senin (13/4). Terpantau, ketinggian air meningkat.

Kepala Pelaksana BPBD Gresik, Tarso Sagito mengungkapkan, banjir tersebut telah merendam ribuan rumah, ratusan hektare sawah, tambak, fasilitas pemerintah, dan lembaga pendidikan di 6 kecamatan.

Untuk banjir luapan Kali Lamong, ungkap Tarso, ada 4 kecamatan yang terdampak. Yakni Kecamatan Balongpanggang, Menganti, Benjeng, dan Cerme.

Sementara untuk banjir akibat luapan sungai Bengawan Solo, ada 2 kecamatan yang terdampak. Yakni, Kecamatan Dukun dan Bungah.

Untuk banjir di Kecamatan Balongpanggang, desa yang terendam adalah Desa Wotansari, Desa Banjaragung, Desa Sekarputih, dan Desa Pucung.

Kecamatan Benjeng, di antaranya Desa Sedapurklagen, Desa Lundo, dan Desa Deliksumber.

Sementara Kecamatan Cerme, adalah Desa Morowudi, Desa Dungus, Desa Iker-iker Geger, Desa Dadapkuning, Desa Guranganyar, Desa Sukoanyar, Desa Ngembung, Desa Dooro, Desa Lengkong, Desa Dampaan, Desa Betiting, Desa Tambakberas, Desa Pandu, dan Desa Jono. 

Untuk Kecamatan Menganti, hanya Desa Boboh yang terdampak.

Sedangkan akibat luapan Sungai Bengawan Solo, untuk Kecamatan Dukun desa yang terdampak adalah Desa Karangcangkring, Desa Gedong Kedo'an, Desa Bulangan, Desa Bengeran, Desa Tiremenggal, Desa Lowayu, Desa Kalirejo, dan Desa Padangbandung.

Untuk Kecamatan Bungah, yang terdampak adalah Desa Sukorejo, Desa Mojopurowetan, dan Desa Bungah.

Tarso menambahkan, untuk penanganan banjir tersebut BPBD telah kordinasi dengan Kepala Desa dan pejabat Muspika setempat. "Kami minta kades proaktif melaporkan kondisi banjir di wilayahnya," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...