Tangani Covid-19, Pemkot Batu Naikkan Anggaran Menjadi Rp 102 Miliar

Tangani Covid-19, Pemkot Batu Naikkan Anggaran Menjadi Rp 102 Miliar Muhammad Chori, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Batu menambah anggaran yang disiapkan untuk menangani Covid-19, dari yang semula Rp 59,5 miliar, kini menjadi Rp 102 miliar.

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, Muhammad Chori. "Anggaran sebesar itu akan dipergunakan untuk penanganan kesehatan Rp. 40,14 M, dan kedua jaring pengaman sosial Rp. 60 M, serta yang ketiga adalah keamanan dan operasional BPBD dan Satgas Covid-19 Rp.1,92 M," ujar M. Chori, Jumat (10/4)

"Anggaran untuk penangangan Covid-19 awalnya Rp. 59,5 miliar dan masing-masing Kepala Keluarga (KK) yang terdampak yang rencananya akan mendapat bantuan uang sebesar Rp 500 ribu. Namun karena dirasa kurang, maka untuk sementara mengganggarkan Rp 102 M," tambah Chori.

Sementara penambahan jumlah anggaran di bidang kesehatan akan digunakan untuk pengadaan pembelian Alat Pelindung Diri (APD), masker, hand sanitizer, disinfektan, rapid test, obat-obatan, insentif tenaga medis dan tenaga pendukung, biaya shelter karantina, tempat istirahat medis, dan biaya pengobatan rumah sakit.

"Untuk rapid test kita sudah pesan 5.000 namun hingga sekarang barangnya belum datang, kita tunggu aja, masyarakat mohon untuk bersabar," kata Chori seraya menambahkan bahwa pemkot juga akan membebaskan pajak hiburan dan hotel, retribusi pasar, serta memberikan diskon tarif PDAM. (asa/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO